Pages

10 Naga Dari Berbagai Legenda Dunia


Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap yang memilik beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api (wikipedia). Namun dibanyak negara masing-masing memiliki berbagai macam jenis naga. Kalau kalian nemu cerita yang berbeda ya mohon maklum lah ya, namanya juga legenda, banyak versinya. Berikut adalah 10 Naga yang bisa saya kumpulkan:
1. Huang Long (Mitologi Cina)

Menurut mitologi Cina, aktivitas Huang Long ketika terjaga, tidur dan bernapas menentukan siang dan malam, serta musim dan cuaca. Huang Long diyakini sebagai reinkarnasi abadi dari Kaisar Huang Di. Dalam legenda kemunculannya, Huang Long bertarung dengan monster bernama Kung Kung. Akibat ulah dari Kung Kung ini Huang Long harus menutup lubang langit.

2. Hydra (Mitologi Yunani)


Hydra digambarkan sebagai naga yang memiliki sembilan kepala. Konon jika salah satu kepalanya dipenggal, maka akan tumbuh kepala yang baru. Naga ini juga memiliki darah dan napas yang beracun. Yang sanggup membunuh naga ini adalah Hercules dengan bantuan keponakannya, Iolaos. Peran Iolaos sangatlah penting, karna ia yang menemukan cara untuk membuat Hydra tidak dapat abadi.

3. Jormungandr (Mitologi Nordik)


Jormungandr diyakini sebagai anak dari Dewa Loki dan raksasa Angrboda. Musuh terbesar naga ini adalah Dewa Thor. Thor pernah mencoba membunuh Jormungandr yang tinggal di lautan Midgard, tapi usaha itu digagalkan oleh Hymir.

4. Dragon (Mitologi Eropa)

Legenda tentang naga tentu sangat bervariasi. Ini adalah salah satu penggambaran naga secara umum yang biasanya kita temukan dalam film-film kolosal wilayah Eropa. Diyakini naga ini berbetuk seperti kadal raksasa yang memiliki sayap dan mampu menyemburkan api dari mulutnya. Selain itu naga Eropa dianggap sebagai monster jahat, berbeda dengan naga di Cina yang sangat diagung-agungkan. Konon naga ini merupakan binatang para penyihir gelap. Sehingga banyak para kesatria yang berjuang membunuhnya agar mendapat gelar pahlawan dan mendapat kehidupan yang layak di kerajaan.

5. Kolkhis (Mitologi Yunani)


Naga ini memiliki tiga cabang lidah. Tugasnya adalah menjaga bulu Domba Emas. Dalam melaskanakan tugasnya ini Kolkhis tidak pernah tidur sama sekali. Kalau dalam kisahnya Percy Jackson memang sih yang jaga bulu Domba Emas bukannya Kolkhis tapi Cyclop.

6. Quetzalcoatl (Mitologi Aztek/Amerika Tengah)


Quetzalcoatl (bacanya gimana sih ini -_-) diyakini sebagai Dewa Pencipta dan langit Aztek. Konon, naga ini memiliki hubungan dengan Venus. Saat ini, Quetzalcoatl (susah ngetiknya, jadi dicopas -_-) dianggap sebagai pemimpin para dewa Aztek.

7. Tiamat (Mitologi Babilonia dan Sumeria)


Tiamat digambarkan sebagai seekor naga yang memiliki lima buah kepala. Masing-masing kepala mampu menyemburkan elemen kehidupan yang berbeda-beda yaitu api, air, udara, tanah dan petir. Tiamat ini diyakini melahirkan para dewa generasi pertama. Namun ia dibunuh oleh salah satu putranya sendiri yaitu Marduk (Dewa Badai). Tubuh Tiamat yang terbelah dari pertarungan itu menjadi langit dan bumi saat ini.

8. Yamata no Orochi (Mitologi Jepang)


Naga Jepang ini memiliki 8 kepala dan 8 ekor. Bagi kalian yang suka lihat anime Naruto pasti pernah menyaksikan penggambaran naga ini. Namun dalam legendanya kekuatan yang dipunyai oleh Yamata no Orochi adalah memanggil ruh-ruh jahat dari dunia lain. Kehadirannya adalah simbol dari kejahatan, iblis dan dunia bawah. Dalam 5 kali pertarungan dengan para dewa legenda lain, Yamata no Orochi hanya pernah sekali kalah dari Kyuubi.

9. Zmey (Mitologi Slavia)


Zmey memiliki 3 buah kepala dan memiliki kemampuan menyemburkan api. Cara untuk mengalahkannya adalah memberinya sapi yang sudah dilumuri belerang. Tubuh bagian dalamnya yang mudah terbakar akan membakar belerang tersebut. Akibatnya, tubuhnya akan meledak.

10. Indo Nagasiar (Mitologi Indonesia)

Menurut legenda naga ini tidak memiliki wujud yang keren seperti naga lain. Tubuhnya merah membara seperti bara api namun secara mengejutkan naga ini mampu ditunggangi oleh pemiliknya. Ukuran naga ini pun tidak setabil, kadang sebesar kuda, kadang sebesar tirex. Konon, ketika naga lain mampu menyemburkan api tapi nagasiar mampu menyemburkan asap, sungguh kuat sekali.


Sumber gambar : Google image

Ilham Bachtiar

Blogger kalang kabut yang doyan menulis tentang film. Meski tutur lisannya kurang terjaga, tapi orangnya total berkharisma. Terima usikan di ilhambachtiar25@gmail.com

8 komentar:

  1. Bangsat! Naga Indosiar masuk! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bruahahahaha.. Dunia harus tahu itu

      Hapus
  2. Hydra inu ada di film apa yaaaa. Lupaaaa..

    Hail hydra hail hydra.
    Kayaknya fast furious sesi berapa yaaa. Yg dia mau musnahin rusia. Wq wq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hail hydra bukannya punya avengers, Ben.

      Hapus
  3. Naga Geni 212 milik Indonesia gan

    BalasHapus
  4. Naga Geni 212 milik Indonesia gan

    BalasHapus

Berkomentarlah sejujur-jujurnya. Sebab menjadi diri sendiri tanpa rasa sungkan adalah sebaik-baik sandiwara.