Pages

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Sendirian dan Bosan



Saya yakin semua orang pasti pernah mengalami saat-saat di mana ia sedang sendirian dan merasa bosan. Saya yakin ada masa dimana kita bangun tidur, tidak ada rencana mau ngapain dan bingung mau ngapain. Beberapa diantaranya akhirnya stuck scrolling timeline doang, beberapa diantara yang lain meronta-ronta minta temennya ngajak main.

Sayangnya, scrolling timeline seharian penuh malah bisa menimbun kebosanan itu sendiri. Dan bergantung pada temen juga gak selalu berhasil. Pasalnya, tidak semua temen punya waktu luang yang bersamaan. Apalagi kalau mereka kuliah atau kerja, kesibukan sudah jadi konsumsi individu yang tidak bisa diganggu gugat. Lalu gimana dong? Saran saya sebaiknya jalani saja apa yang kamu suka meski sendirian.

Bagi saya ‘sendiri’ sudah jadi hal biasa yang saya jalani sejak SMP. Jadi apa yang saya tulis ini sudah melalui riset panjang, huahahahaha. Oke, langsung saja yuk simak berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan saat sendiri dan merasa bosan:

Menonton Film

Hal ini saya yakin sangat wajar dilakukan oleh banyak orang. Menonton film dari layar laptop sudah jadi budaya kekinian yang menjamur di masyarakat, khususnya anak muda. Adanya situs yang ngasih film bajakan secara cuma-cuma ini memang sangat menolong bagi kalangan menengah. Kalau saya biasanya ngoleksi berbagai macam film dalam satu folder “film belum ditonton”, jadi pas bosan tinggal play saja. Tips saya sih sebaiknya kamu list film apa saja yang ingin kamu tonton, terus bisa minta ke temen atau download sendiri buat jaga-jaga kalau bosan datang tiba-tiba. Soalnya kalau asal minta temen ‘film apa aja deh yang bagus’ biasanya pas nonton malah nyesel karena perspektif ‘film bagus’ itu berbeda-beda tiap orang.

Membaca Buku

Kalau memang tidak suka baca buku mungkin tips saya ini justru malah bikin bosan ya? Hahaha. Tapi baca buku itu asik kok menurutku. Saran sih kalau bosan baca di kamar ya cari tempat yang enak misal di cafe atau tongkrongan mana aja bisa. Sendiri? Ya gak masalah.

Berkreasi dengan Hobi

Setiap orang memiliki hobi masing-masing, tapi sebaiknya kita punya hobi yang menghasilkan sesuatu. Misalnya saya suka nulis, ya saya nulis di blog atau sekedar nulis random yang dibaca sendiri. Kadang saya juga main-main photoshop. Bikin hal-hal random yang sama sekali gak ada rencana apapun, nyoba-nyoba ngeditin tanpa ada patokan nanti hasil akhirnya gimana. Keisengan itu saya post di instagram, masalah orang suka atau enggak itu urusan belakangan. Nah coba hobimu sekarang apa? Kalau suka masak ya coba ngeracik sesuatu, kalau suka doodling ya oret-oret sesuatu, kalau suka sama doi yang udah bertunangan ya . . . . . . . ya move on lah. Hahahaha.

Jalan-jalan

Jalan-jalan yang saya maksud tidak memiliki artian linear seperti ‘jalan kaki’ lho ya. Maksudnya ya keluar rumah lalu pergi gitu saja. Saya sering keluar rumah karena bosan tapi tidak tau mau ke mana. Alhasil saya muter-muter saja sekenanya. Lihat jalan yang belum pernah dilewati terus mumpung selo ya lewati saja. Bahkan pernah beberapa kali saking kejauhan, dua atau tiga jam gitu nyasar. Terus saya nyerah dan buka google maps, elhadalah ternyata sudah mau masuk Magelang. Sejauh ini sih saya aman-aman saja, kalau semisal daerah kamu angka kriminalitas di jalanan cukup tinggi ya ini tidak usah diamalkan. Hehehe.

Kuliner

Masak sih kuliner sendirian? Lhoh, lha why not? Beberapa orang mungkin agak canggung kuliner sendirian atau ngerasa takut datang ke tempat makan yang belum pernah ia datangi. Biasanya sih takut malu. Kenapa coba harus malu? Malu sama siapa? Pengunjung lain? Pelayan? Atau malu kepergok temen? Gak usah malu, woles aja.
Malu adalah ke-Ge-er-an yang berlebihan..
Apa asiknya kuliner sendiri? Masak gak ada temen ngobrol?
Kalau saya biasanya sambil baca buku, nulis sesuatu di buku pribadi (kayak macam bikin wishlist dan mgecek apa yang sudah saya lakuin gitu) atau kalau wi-fi kenceng bisa sambil update aplikasi, huahahaha. Meski ‘sendiri’ saya jarang duduk ngelamun gitu, pasti ada aja yang dilakuin. Minimal yang bisa kamu lakuin saat kuliner sendirian adalah ‘makan’!

Nonton Film di Bioskop

Hah? Sendiri? Iya! Banyak kok yang nonton sendiri. Saya kalau lagi ingin refreshing ya ke bioskop sih. Asik aja, tenguk-tenguk sambil nonton film. Inti dari nonton di bioskop itu ya biar gak ada yang ganggu. Kalau bawa temen biasanya ada yang nyeletuk atau malah ngajak ngobrol. Rekor saya sih dulu pernah satu bioskop cuma saya doang yang nonton.
Tips ini memang tidak bisa di lakukan begitu saja. Misalnya masalah jarak rumah ke bioskop yang terlalu jauh. Persebaran bioskop di Indonesia memang masih terbatas kota-kota tertentu saja. Sangat disayangkan.

Main Jauh

Ini buat yang waktu luangnya sampai seharian penuh. Bisa tuh main ke kota sebelah atau tempat wisata di sekitarmu yang belum pernah kamu kunjungi. Jalan sendiri sambil lihat kanan-kiri bisa asik juga. Malah lebih banyak hal yang bisa kamu lihat daripada main ramai-ramai. Biasanya kalau pergi ramai-ramai gitu kebanyakan foto, jadi gak khusyuk mainnya.

Menurutku sih kalau main ke suatu tempat sebaiknya jangan terlalu berharap dapat spot indah buat foto deh. Misalnya main ke candi. Kalau niatnya buat foto-foto seru-seruan gitu kadang gak dapet background yang bagus, kalaupun ada itu spot dipakai banyak orang, kan maless. Tapi kalau ke candi untuk mempelajari sejarahnya atau kisah-kisah di candi itu ya lebih seru jadinya. Kalau cuma mau cari background foto mbok wes sini tak editin, hahahaha. Dan lebih geli lagi kalau fotonya selfie, background yang kelihatan cuma 1/5 dari total ruang dalam frame. Karepe piye kui jon?

Baiklah, segini saja tips yang bisa saya bagi. Bermanfaat atau tidak urusan belakangan, ini juga saya nulis karena bosen hari minggu gini mau ngapain. Haha. Tulisan ini mungkin lebih tepat ditujukan pada mereka yang gak terbiasa sendiri dan tiba-tiba sendirian gitu. Kalau buat orang introvert sih ini udah makanan sehari-hari, emang ini hal-hal yang kita suka. Makanya kalau punya pacar introvert jangan kaget kalau doi main sendirian gak ngajak-ngajak, hahahha.

Intinya, jalani apa yang kamu inginkan. Jangan nunggu ditemani orang lain, kelamaan! Okeh, terimakasih buat yang sudah baca dan maaf buat yang tersinggung. Sampai jumpa.

Source pict: canstockphoto.com

Ilham Bachtiar

Blogger kalang kabut yang doyan menulis tentang film. Meski tutur lisannya kurang terjaga, tapi orangnya total berkharisma. Terima usikan di ilhambachtiar25@gmail.com

19 komentar:

  1. kalo lagi bosen biasanya kami nonton atau blogwalking deh.. kalo ada ide ya nambahin tulisan di blog. hehehe.. Mampir2 yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah dari kemarin-kemarin baca blogmu broo hahaha

      Hapus
  2. Tial orang punya cara tersendiri buat membunuh rasa bosan. Kalo saya sih ya paling ngegame atau gambar. :/

    BalasHapus
  3. Pernah melakukan semuanya.
    Tapi malas berangkatnya. Semacam ragu begitu sebelum berangkat.
    Paling suka ke perpustakaan kota duduk dekat jendela karena kebetulan jendela semua dan mengarah ke jalan raya. Tidak mengambil satu pun buku tapi malah buka laptop mengetik.

    duniamelihatku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya hobi aku alhamdulillah. tapi masih sering ngerasa bosen. haaah mungkin aku lelah dengan tugas kuliah.

      Hapus
    2. Nih sekarang saya balas komentar ini pas lagi di perpustakaan duduk dekat jendela lantai 5. Hahahaha.

      Hapus
    3. Yooi sering banget tugas kuliah yang membabibuta bikin lelah, lesu, lunglai.You're not alone :D

      Hapus
    4. Yaaach.. kakak, bikin iri saja. Aku belum sempat, padahal sudah ada rencana sejak kemarin lusa.
      Maybe, jum'at besok.

      Hapus
  4. Sendiri kadang-kadang malah lebih seru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terngantung cara menanganinya juga sih, kalau dibikin seru ya seru. Kalo betean ya bete mulu. Hahaha

      Hapus
  5. scrolling timeline itu gak hanya bikin bosan juga, malah bikin nyesek kalau pas mantan muncul di TL juga :(

    EH, kalau lagi bosan, aku lebih suka jalan-jalan aja sih. Ke taman, pantai atau danau. Tapi sayang, sering gak terealisasikan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayooo lagi bulan puasa lho ini, harus bisa nahan baper :))

      Hapus
  6. Jadi mahasisiwi semester akhir gini mah kalau ada waktu kosong ya ngerjain tugas :( biar cepet wisuda

    BalasHapus
  7. nomor 1 dan 2 sering banget saya lakuin. kalo udah bosan benar, kadang film yang sudah ditonton malah dilihat lagi. hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak cuma bosan, itu mah LUANG banget hidupmu bro hahahaha

      Hapus
  8. wah jadi kangen liburan nih biar bisa baca novel): i miss my holiday):

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho kalau gak liburan apa gak sempet baca-baca gitu? :O

      Hapus

Berkomentarlah sejujur-jujurnya. Sebab menjadi diri sendiri tanpa rasa sungkan adalah sebaik-baik sandiwara.