Pages

Alasan Pria Yang Tiba-tiba Menjauhi Kekasihnya

Saya sering mendengar cerita dari teman (wanita) saya yang seringkali merasa gelisah dengan sikap kekasihnya yang secara spontan berubah-ubah tak menentu. Kadang hangat, kadang dingin. Kadang romantis, kadang cuek. Kadang humoris, kadang garing. Kadang ngasih surat cinta, kadang ngasih undangan nikah. #Eh

Hal-hal demikian membuat wanita bingung dan marah. Ia tidak tahu mengapa sikap kekasihnya berubah. Tentu saja yang tidak ia inginkan adalah segala kemungkinan terburuk dari hubungan mereka. Nah, berangkat dari hal itu saya mempelajari sebabmu sababnya dari seorang pakar asmara bernama John Gray, Ph. D dalam bukunya yang berjudul Men are from Mars, Women are from Venus.

PRIA ADALAH KARET GELANG 

Ambillah sebuah karet gelang. Tariklah salah satu sisinya sedang sisi yang lain tahanlah. Lepaskan sisi yang kamu tarik. Jebreeet! Begitulah seorang pria.

Dari praktik diatas, kita bisa memahami tiga pola sikap pria. Yang pertama adalah kecenderungan pria untuk menarik diri. Menarik diri bisa diartikan menghindar, menyendiri maupun dalam beberapa kasus mereka memilih untuk diam atau merenung. Hal ini alami dan wajar. Tidak hanya dalam hubungan  berasmara, pria juga menarik diri dari sahabat-sahabatnya, dari pekerjaannya, bahkan dari hobinya.

Setelah itu ia akan memasuki pola yang kedua, yaitu mengerut kembali. Sama seperti karet gelang bukan? Saat tarikannya mencapai titik maksimal, ia akan mengerut kembali ke bentuk semula. Sejauh-jauhnya pria menarik diri, ia akan kembali ke tempatnya.

Pola ketiga adalah laju dari kerutan karet gelang yang sangat cepat/kencang. Dalam kembalinya seorang pria dari penarikan dirinya, ia akan membawa perasaan gembira yang teramat luar biasa. Dalam hubungan asmara, katakanlah ia membawa rindu dan cinta pada kekasihnya yang berlipat ganda. Terlepas dari hal itu, yang harus dipahami seorang wanita adalah tidak merusak pola ini. Jika wanita mengacaukan pola ini, pria akan semakin jauh menarik diri. Kita tahu jika karet gelang yang terlampau jauh ditarik akan membuat karet itu putus.


MENGAPA PRIA MENARIK DIRI?

Bagi sebagian wanita, sikap penarikan diri pria ini adalah hal yang konyol. Berikut ini adalah alasan mengapa pria menarik diri:

1. Tugas Mulia Seorang Petualang
Konon, pada zaman dulu pria adalah para penjelajah dan wanita adalah pengurus keperluan rumah tangga. Seorang wanita tidak pernah merasa bosan di dalam rumah karena ia sering keasyikan mengurus bayi, menciptakan resep masak baru, atau sekedar bermain hit and run dengan kecoa. Sedangkan pria selalu asyik menemukan hal-hal baru di luar rumah, terutama petualangan. Dalam kepergian seorang pria tersebut, yang paling ia pikirkan adalah rumah. Karena dirumah itulah ia meninggalkan cinta dan membawa rindu.

Jika ujung-ujungnya pulang juga, kenapa pria harus pergi? Tanyalah Napoleon Bonaparte, mbak! Wanita memiliki cara alami dalam hal mencintai dengan prinsip selalu bersama. Sedangkan pria akan kehilangan gairah cintanya jika terlalu sering bersama. Komunikasikan dengan baik perbedaan kalian, jangan memaksakan perbedaan menjadi sama.


2. Bertapa
Pria memiliki sifat alami untuk keluar dari kerumunan lalu menyendiri. Hal ini sudah terjadi dalam ribuan tahun silam. Saat seorang pria memiliki banyak masalah, ia akan pergi dari kampungnya. Ia akan mengembara, menelusuri hutan lalu memasuki gua. Di dalam gua ia akan bertapa. Beberapa hari setelah itu ia kembali ke kampungnya. Wajahnya yang dulu murung berubah menjadi berseri-seri dan percaya diri.
Di era sekarang hal itu juga masih diterapkan oleh pria. Saat ia suntuk dengan sekitarnya, ia akan mencari tempat untuk menyendiri dan berpikir. Bisa jadi ia ke bioskop, perpustakaan atau sekedar naik kereta bolak-balik Solo-Surabaya hanya demi melamun sendiri di sepanjang jalan. Saya pernah menulisnya di: Melepas Penat dan Menjomblo di Surabaya


3. Pria Adalah Agen Rahasia

Dalam menyelesaikan masalah, pria memiliki cara yang berbeda dengan wanita. Wanita seringkali menceritakan masalahnya (curhat). Sedangkan pria akan menyimpan masalahnya sendiri. Semakin banyak yang pria pikirkan, ia akan semakin diam. Bukan karena pria tidak mempercayai wanita, hanya saja ia adalah agen rahasia. Ia ingin menceritakan semuanya, namun sifal alami pria menolak hal itu.


Wanita Seringkali Salah Mengartikan
Bagi seorang wanita yang tidak menyadari sifat alami pria tersebut akan memberi dampak buruk dalam hubungan mereka. Hal ini terjadi jika wanita salah mengartikan aksi menarik diri seorang pria. Wanita memiliki sifat alami yang sangat berbahaya, yaitu “prasangka”.

Prasangka adalah pola berpikir yang cenderung mengedepankan ego dalam menyimpulkan suatu kejadian tanpa fakta. Menyikapi perilaku pria yang menarik diri, wanita akan menyimpulkan semena-mena dengan menganggap bahwa pria sedang marah padanya, bosan padanya atau bahkan sedang selingkuh.

Prasangka tersebut membuat para wanita menjadi panik. Kepanikan ini akan menimbulkan sebuah reaksi tak wajar. Biasanya wanita akan mulai mengintrogasi, selalu curiga dan banyak mengatur atau membatasi. Hal-hal itu adalah gejala posesif kronis. Selain itu, adapula reaksi seperti marah dan depresi. Wanita marah karena merasa prianya tidak seperti yang dulu. Tidak lagi romantis dan humoris. Kadang juga ada yang kelewat depresi dengan menganggap dirinya tidak dicintai lagi.


Apa yang terjadi jika tidak saling memahami?

Nah, sekarang kita sudah tahu jika pria secara otomatis akan menarik diri dari situasi yang menjenuhkan. Kita juga tahu jika wanita secara otomatis akan memasuki ‘prasangka zone’. Kedua hal itu jika bertemu akan muncul kekacauan. Sebelum kekacauan itu terjadi, berikut ini adalah analisa saya jika kedua belah pihak tidak saling memahami sifat alami satu sama lain.

1. Perang Dingin
 

Jika hal ini terjadi, saya sarankan kedua belah pihak segera memakai baju. Dingin soalnya. Hehehe

Perang dingin artinya sepasang kekasih ini memilih untuk tidak saling bercakap-cakap sama sekali. Lebih parahnya, mereka mulai #nomention di twitter. Tentu saja isinya sindiran-sindiran negatif. Jika sudah begini, hubungan mereka akan susah dipersatukan. Satu-satunya cara untuk merdeka dari perang ini adalah menghangatkan suasana dengan bercakap-cakap di dunia nyata. Mulailah dengan private dinner, bawalah kado, lemparkan senyum, mintalah maaf jika perlu. Sudah begitu, jangan lupa saat pulang dari pertemuan tersebut, kirimlah pesan singkat yang manis.

2. Big Battle

Big Battle terjadi jika kedua belah pihak sudah mulai marah-marah, saling membentak dan sumpah serapah. Biasanya hal ini terjadi untuk mereka sepasang kekasih yang sudah berumah tangga. Mereka memiliki lokasi pertempuran yang saat mendukung, tentu saja rumah mereka sendiri. Jujur saja, saya tidak terpikirkan bagaimana mendamaikan situasi seperti ini.

Pertengkaran ini tidak bisa didamaikan oleh salah satu pihak saja. Kedua belah pihak harus benar-benar sadar akan kesalahan masing-masing dan memaafkan kesalahan kekasihnya. Dalam hal ini biasanya perlu pihak ketiga yang sangat netral.

Biasanya sih pria cenderung kalah. Sebab wanita akan curhat dengan teman-temannya. Dan teman-temannya akan ‘ngomporin’. Lebih parahnya lagi, teman-teman curhat ini akan jadi rempong memporakporandakan rumah tangga temannya sendiri. Bisa dibayangkan, jika para wanita ini semuanya memasuki ‘prasangka zone’, alangkah mengerikannya mereka. Sedangkan pria akan menyimpan masalahnya sendiri, ia tidak memiliki koloni untuk bertarung. Oiya, perlu diingat jika pertengkaran sepasang kekasih ini terjadi hanya karena salah komunikasi. Soalnya kalau memang si pria menarik diri karena selingkuh ya tips-tips diatas tidak ada gunanya.

3. Putus

Jika kedua belah pihak tidak menemukan jalur perdamaian hal ini pasti terjadi. Pria putus karena ia punya masalah lain yang harus ia selesaikan dan tentu saja ia ingin bebas. Wanita putus karena ingin segera mendapat kebahagiaan lain dan tentu saja karena disarankan teman-temannya juga.
Jika Pria Menarik Diri, Ini Yang Harus Dilakukan Wanita

1. Memberi Pria Ruang dan Waktu
Redam semua prasangka, berilah kekasihmu ruang dan waktu. Saya sarankan jangan lebih dari 40 hari dan jangan kurang dari 10 hari. Jika kamu membiarkan kekasihmu merasakan sendiri lebih dari 40 hari, maka ‘sendiri’ akan menjadi habitatnya. Ia akan terbiasa sendiri dan lupa untuk merindukanmu. Jika kurang dari sepuluh hari kamu sudah mengajaknya kencan atau sekedar dinner, ia masih akan merasa terganggu. Jika dirasa waktunya sudah tepat, ajaklah ia bicara, tidak perlu gengsi. Ingat, karet gelang.

2. Mengejar Cita-Cita
Tak usah pusing menebak apa yang dipikirkan kekasihmu. Jika ia menarik diri artinya kamu memiliki ruang lebih untuk melakukan apa yang kamu inginkan. Kejarlah cita-citamu yang tertunda. Akan menjadi menyenangkan saat kalian nanti bertemu dengan membawa bekal berupa cerita-cerita seru yang kalian lakukan masing-masing. Saat awal-awal menjalin hubungan kalian begitu penuh canda tawa karena cerita-cerita seru yang satu sama lain tidak saling tahu. Seiring berjalannya waktu, bahan obrolan kalian mulai habis karena kalian kemana-mana selalu bersama. Maka berpetualanglah. Kejar cita-citamu lalu ceritakan pengalamanmu padanya.

3. Jalin Komunikasi Dengan Wajar
Jika kalian terhalang jarak, kirimlah pesan-pesan singkat yang tidak terlalu memberatkannya. Jangan menanyakan aktivitasnya! Ucapkanlah doa, ucapan selamat atau kata-kata penyemangat yang manis (tapi jangan terlalu sering, 2 hari sekali misalnya). Dia bisa saja tidak membalas pesanmu. Bukan karena membencimu. Bisa saja karena tidak punya pulsa, tidak ada sinyal atau terlampau sibuk.

Jika setiap hari kalian bertemu karena mungkin satu kantor, perlu pendekatan lain. Senyumlah saat bertemu, sapalah duluan, bersikaplah yang wajar. Jangan mengusiknya saat bekerja atau melamun. Yang paling penting adalah jangan menebak apa yang dia inginkan! Tawarkan bantuan sesekali tapi jangan terlalu sering. Jika pria tidak ingin dibantu berarti ia memang tidak ingin dibantu. Jika pria mengatakan ‘tidak’ berarti memang tidak. Jika pria bilang ‘tidak usah’ atau ‘tidak apa-apa’ berarti memang tidak usah dan tidak apa-apa. Dalam fase menarik diri, pria tidak suka memberi kode. Mereka akan terus terang.


Jika Pria Menarik Diri, Ini Yang Harus Dilakukan Pria Itu Sendiri
 
1. Pesan Tanpa Suara

Dalam fase menarik diri, kamu memang tidak ingin bicara apapun, saya pun mengalaminya. Saya pun tahu jika kamu malas sekali menjelaskan apa yang kamu pikirkan. Tapi kekasihmu bukanlah dukun atau mutant yang bisa membaca pikiranmu. Jika kamu tidak mau menyampaikan apa yang kamu pikirkan, kamu bisa menyampaikan apa yang kamu rasakan. Tidak harus dengan bicara face to face. Buatlah sebuah tulisan atau gambar yang mengilustrasikan perasaanmu. Meskipun diselembar kertas lusuh, kekasihmu akan tetap menghargainya. Jika kamu kesulitan dengan dua hal ini, belilah sebuah kado manis, kirimkan padanya, tambahkan kata-kata “aku tidak apa-apa” / “jangan cemas” / “beri aku sedikit waktu” / “aku akan kembali” / “aku rindu, tapi nanti saja ya ketemunya, aku sedang sibuk banget” ya gitu-gitu deh.

Jika kamu sering bertemu dengannya di kantor. Belajarlah membuat origami lucu, berikan padanya sesekali, wanita suka hal-hal manis yang dilakukan pria secara spontan. Atau buatkan dia kopi favorit, letakkan dimejanya, coret-coretlah mugnya dengan spidol seperti icon smile atau kata sederhana yang manis. Hal-hal itu tidak membutuhkan banyak waktu, sehingga aktivitasmu tidak terganggu. (Tergantunh kekasihmu juga sih, kadang ada yang gak suka basa-basi hahaha, semangat bro)

2. Segera Selesaikan Masalahmu

Jika kamu menarik diri karena banyak masalah atau besarnya tanggung jawab yang kamu pegang, segera selesaikan!


3. Jangan Khilaf
Jangan coba-coba untuk main belakang dengan wanita lain. Kamu bisa saja terpikat oleh wanita lain dalam petualanganmu menyendiri. Kamu bisa saja bertemu dengan wanita unik yang bisa mengisi rongga-rongga kesedihanmu. Mungkin kamu berpikir jika ia bisa membahagiakanmu, tapi pria yang mencintai wanita lain di belakang wanita yang pernah ia cintai tidak akan bisa membahagiakan siapapun.

Ya, kamu hanya akan membuatnya kecewa suatu saat nanti. Jika kamu mencintai wanita baru itu, segera menjauh sebelum ia mencintaimu. Kamu bisa bahagia bersamanya karena ia memberi seluruh hatinya, sedangkan kamu tak akan bisa membahagiakannya karena kamu memberinya sisa hati yang separuhnya sudah untuk wanita lain.
Nah, sudah ya. Itu tadi ulasan saya yang diilhami dari bukunya John Gray. Oiya, barangkali jika ada yang ingin tanya-tanya seputar hubungan asmara bisa komentar dibawah ya. Kalau permasalahannya menarik, nanti saya ulas dengan pendekatan teorinya John Gray dalam sebuah postingan tersendiri. Jika permasalahannya simple nanti segera saya jawab di kolom komentar.
Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca. Maaf jika ada yang tersinggung. Sampai jumpa, semoga sehat selaluu.... :D

Ilham Bachtiar

Blogger kalang kabut yang doyan menulis tentang film. Meski tutur lisannya kurang terjaga, tapi orangnya total berkharisma. Terima usikan di ilhambachtiar25@gmail.com

96 komentar:

  1. 3,5 jam yang gak sia2. Tulisannya bagus bro haha.
    Yang mau aku tanya, idenya dari mana ini? Pengalamankah? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. iya bro. Pengalaman, referensi dan pengamatan. :D

      Hapus
  2. menurut saya sih, itu yang kenapa pria menarik diri, 1 dan 2 gak mungkin dilakukan sekarang, mau bertapa dimana ? hutan-hutan sudah jadi gedung bertingkat semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. -____- itu kiasan broooh
      saya masih suka bertapa, bisa dimana pun. Pokoknya momen untuk menyendiri. Bisa di bioskop, perpustakaan atau bus kota.

      Hapus
  3. Uh, oke, gue dapat pencerahan dalam hubungan gue dengan doi, thanks.
    Tulisannya bermanfaat dan keren banget. Bisa jadi salah satu topik skripsi, nih. Hoho :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga hubungan ente baik-baik saja gan... (y)

      Hapus
  4. Waktu buat nulis sebuah tulisan keren kayak gini cuma 3 jam bro? Kereenn!!
    Tulisan berguna banget nih, buat cewek-cewek yang sering memaksakan cowoknya selalu ada buat dia.. padahal kan cowok itu petualang !! Yoiii wkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahaha makasih udah mampir baca broh

      Hapus
  5. Kok yang komen laki semua ya? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga heran -____- mungkin banyak yg tersinggung dan tidak terima

      Hapus
  6. Bermanfaat banget! Mengingatkan saya sama buku 'Why women't don't read maps and why men...' *apa judulnya lupa* *huft*
    Saya cenderung terbalik sama pacar saya sih, saya cenderung diam kalau ada masalah, dia cerita. Faktor lingkungan mungkin ya. Tapi bahagia soalnya jadi ga berat sebelah, haha.

    Makasih banget infonyaaa!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu makasih udah mampir mbak Safira :D

      Hapus
  7. oh jadi laki-laki itu lanadasannya karet gelang ya :D,terkadang suka bingung juga nanggepin sikapnya yang berubah-ubah.Baca artikel ini jadi sedikit tau ya kalau misalkan cowok lagi jenuh.

    BalasHapus
  8. Mungkin, aku harus bikin counter dari sisi cewek, hahaha...

    Sekarang yg perlu dipikirkan adalah... siapa cewek untuk mempraktekan kajian kamu?

    *kaburr~

    BalasHapus
  9. waw...amazing bgt anda mr.ilham. kyknya bnyk yg benar bgt analisisnya... i like your wise... harus lbih di shared lbih luas nih. tpi mmg smakin trlihat pria itu sok kuat dan tegar tp sbnarnya gak. yah,, mau gmna lgi... urut dada aja mghadapi laki2 nih. but, btw mr.ilham anda hebat skali mmahami kedua sisinya apakah anda mlakukan survey? apakh anda sering mmbhas tema bgini? anggap saja saya fans anda, jdi gn heran jka saya bnyak tanya..oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir dan tanggapannya positif sekali. Hehe, jadi terharu. Tulisan ini banyak terinspirasi dari bukunya John Gray, coba anda baca. Cespleng..

      Hapus
  10. Kajiannya bagus bgt, dan baru tahu klw pria itu bgni. Mungkin ada benarnya juga itu apa yg dialami pacar saya. Tp saat kita brdua ribut, di hari itu juga secara sepihak, dia mengatakan klw hub ini sudah berakhir. Dia mengatakannya ketika kami brtmu di hari ke-18. Terus dia tgglin aku bgtu saja, tnpa menoleh dan mendengarkan saya, saat saya blm selesai bicara (mngkn dia msh emosi). Dan di saat itu juga, saya hapus smua yg ada karna kekesalan saya, dan saya juga menganggap klw hr itu sudah berakhir. Udah 36hari nih gk ada komunikasi, sejak terakhir dr hari ke-18. Hubungan kami berdua statusnya beda agama. Duh jadi curhat hhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Omegaaaa... Bisa sampai curhat begini. Sabar ya.
      Maaf respon lama, baru vakum. Semoga dapat jodoh yang lebih baik mbak.

      Hapus
  11. Infonya sangat membantu :) saya mau tanya nih , gimana perbedaanya dengan cowok yang menarik diri dengan pendekatan karet gelang dan cowok yang menarik diri karena main-main dibelakang . Hehe biat informasi semakin tambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wue e e e e.. Kalau menurutku lebih baik kamu tanya langsung saja kalau kamu mulai curiga. kalau dia bohong ya diiyain dulu aja. Tapi jangan negatif thinking dulu, kalau dia bikin alasan pembelaan bukan berarti dia bohong, bisa saja jujur. Lho aku kok jadi sok tau gini, hahahaha.. Makasih ya sudah mampir

      Hapus
  12. Infonya sangat membantu :) saya mau tanya nih , gimana perbedaanya dengan cowok yang menarik diri dengan pendekatan karet gelang dan cowok yang menarik diri karena main-main dibelakang . Hehe biat informasi semakin tambah

    BalasHapus
  13. Makasih ya atas pencerahannya😄...hal-hal yg kamu jabarkan di atas sesuai bgt dgn apa yg dia lakukan sekarang

    BalasHapus
  14. Aku mau ngasih dia waktu.. doain bakal sesuai kayak tulisanmu dan dia kembali membawa rindu

    BalasHapus
  15. pertanyaan sy adalah ini :
    1. bagaimana jika sudah terjadi cold battle.
    dan usaha yg anda sampaikan di artikel : Satu-satunya cara untuk merdeka dari perang ini adalah menghangatkan suasana dengan bercakap-cakap di dunia nyata. Mulailah dengan private dinner, bawalah kado, lemparkan senyum, mintalah maaf. Jika kamu merasa tak bersalah, tetaplah minta maaf. Dan yang paling ampuh adalah meneteskan air mata sambil tersenyum.

    tidak berhasil sama sekali. bahkan dia meminta waktu untuk sendiri tanpa ada pemberitahuan sampai kapan. dan lagi semua kontak nya menghilang, mkst sy dengan menghilang di sini itu, seperti lost contact. lalu bagaimana?

    2. big battle
    mohon maaf tp saya blm di status 'rumah tangga' masih mau proses ke sana
    lalu di artikel : Pertengkaran ini tidak bisa didamaikan oleh salah satu pihak saja. Kedua belah pihak harus benar-benar sadar akan kesalahan masing-masing dan memaafkan kesalahan kekasihnya. Dalam hal ini biasanya perlu pihak ketiga yang sangat netral.

    jikalau salah satu saja (pihak cewek) yg selalu saja mengalah tiap kali ada pertengkaran. namun, pihak pria yg merasa selalu mengalah di setiap pertengkaran. lantas bagaimana??


    3. Putus (Udahan!)
    putus udahan, tp dalam hati masing" masih saling punya perasaan yg sama. hanya saja pihak pria yg selalu munafik dengan perasaan ny sendiri. lantas bagaimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhbiyuuung.. Piye ki.. Haahha, oke saya coba jawab:
      1. Kalau aku diperlakukan seperti itu (misal aku diposisi cowokmu), mungkin karna emang udah hilang rasa yang dulu.
      2. Saya pernah seperti itu, dan saya sadari saya kekanak-kanakan sekali. Cowok emang sudah ngalah untuk urusan perasaan, entah kenapa suka mendramatisir dengan menjadi korban.
      3. Saya tidak yakin kalau masih ada rasa.

      Kesimpulannya: Bilang jujur, blak-blakan, gak perlu kode, gak perlu basa-basi. Dan pastikan dia juga melakukan hal yang sama. Cheeers

      Hapus
  16. Oke banget ini tulisannya vro keren bermanfaat

    BalasHapus
  17. Pacar saya sudah 6 hari menghilang tanpa kabar, tidak mau bcra dgn saya. (Sy prmpuan) awalnya karena masalah saya yang terlalu banyak menuntut dia. Stelah itu dia menghilang dan tidak mau membalas semua pesan dan chat saya padahal dia sering online. Apa itu bsa dihubungkan dengan siklus karet gelang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa saja. Kadang ada masanya doi bakal rindu, tapi tergantung juga gengsinya doi gede apa nggak. Kalau orangnya gengsian ya agak susah balik tu.

      Hapus
  18. Trus kalau udah terlanjur gangguin waktu sendiri dia sebelum 10hari dan tanggapannya sangat biasa. Apa perlu kasih waktu lagi?

    BalasHapus
  19. Trus kalau udah terlanjur gangguin waktu sendiri dia sebelum 10hari dan tanggapannya sangat biasa. Apa perlu kasih waktu lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya coba kasih waktu lagi sebentar.. :)

      Hapus
  20. Saya diposisi ke 3..cowok saya menyendiri lepas tu jumpa saya dan kami jatuh cinta...tiba tiba awek dia datang nyamperin..ngamuk ngamuk ngancam bunuh diri..lepas tu saya tarik diri saya tunggu 14 utk jumpain cowok saya...dia cakap sangat rindukan saya ingin cepat cepat nikah dibelakang awek dia....terus apa yang harus saya lakukan?apa saya terima pinangan dia?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walalalah.. Rumit ni kayaknya.
      Diskusikan baik-baik dengan keluarga juga, mantepnya bagaimana.

      Hapus
  21. Saya diposisi ke 3..cowok saya menyendiri lepas tu jumpa saya dan kami jatuh cinta...tiba tiba awek dia datang nyamperin..ngamuk ngamuk ngancam bunuh diri..lepas tu saya tarik diri saya tunggu 14 utk jumpain cowok saya...dia cakap sangat rindukan saya ingin cepat cepat nikah dibelakang awek dia....terus apa yang harus saya lakukan?apa saya terima pinangan dia?????

    BalasHapus
  22. Kalau cowok setiap cwenya marah dia sellu menghindar buat saat itu aja, nunggu emosi saya reda trus nghubungi saya tanpa ngebahas yg bikin saya marah, seperti ga ada kejadian apa2 dgn cueknya bilang ga ada kabar gini yg bikin kangen.. Terus setiap saya emosi dan minta putus jg dia sllu ngilang tanpa respon, ngabaiin chat saya yg lg mrah2.. tiba2 nanti ngebaikin saya lagi .. Itu cwo kenapa sih, kira2 yg ada dipikirannya tuh apa.. Dy bkn orang yg terbuka dan sifat dy cuek, klau emang ga sayang kenapa harus ngindarin masalah, knpa ga langsung diselesaiin sekalipun akhirny putus, kaya memperlama msalah beres

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin dianya memang punya kepribadaan yg susah mengutarakan perasaan atau pendapat. Banyak cowok seprti itu. Kayak let it go-in aja, nanti lama-lama juga baikan. Tapi jeleknya, yang kayak gitu kalau diladenin terus bisa celaka. Tapi bukan berarti dia gak bisa berubah. Eits, jangan tuntut dia buat berubah, tapi minta dia buat membiasakan diri denganmu yang tidak suka ditinggal-tinggal begitu.

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ucapan selamat boleh kok, agak didiamkan juga ndak papa. hahaha.. kamu punya kehidupan selalin dengan dia kan? enjoy aja dulu :P

      Hapus
  24. Kalo misalnya cowok ditanya kenapa nggak ada kabar, dia bilangnya lagi nggak mood buat chatan mesra2 gombal-gombal gitu tapi dia bilangnya sih bukan malas sama saya, cuma lagi belum pengen chatan. Tp dia bilang dia masih dan selalu sayang sama saya, masih ingat janjinya buat selalu setia. Pertanyaannya mas, saya harus bagaimana? Oiya sebelum ini juga kami sempat kelai sebulanan gt lost contact, itu dalam keadaan ldr, akhirnya saya temui dia, memang kesalahan saya cukup fatal, lalu dia bilang sm saya kalau masih ingin melanjutkan hubungan. Kalo ketemu ngobrol, lancar aja cuma kalo sekedar ngbrol lewat sosmed udah nggak pernah, mungkin udah sebulan lebih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya beberapa temen cowok yang introvert abis, mereka kalo pacaran gak pernah mau dipublish ke sosmed. Kalau pacarmu memang mau melanjutkan hubungan ya kasihlah kesempatan, tapi coba didiskusikan baik-baik sebenarnya style pacaran yang kalian sama-sama mau itu kayak apa. Karena tiap orang kondisinya beda-beda, tidak ada parameter yang pas untuk menjalin hubungan bahagia itu kayak apa. Obrolin dulu gih :P

      Hapus
    2. ngobrol lewat sosmed maksud saya disini itu kayak chatting gtu, dia publish saya ajasih disosmed, dia pake status nama saya, dan foto saya disosmednya. iya saya udah coba obrolin nih mas, terus ditanya kenapa ga ada ngehubungin, dia bilang dia lagi pusing dan lg nggak mood tapi dia blg bukan nggak mood ke saya, dan ketika ditanya soal perasaan dia masih mengutarakan dgn baik. apa saya sebaiknya kasih aja waktu buat dia? namun saya terkadang masih suka negative thinking yang buat saya jd sedih sendiri hehe

      Hapus
    3. Wah wah wah.. Iya coba kasih waktu gih, tapi jangan mendadak ngilang. Bilang baik-baik ke dia juga kalau kamu lagi mundur selangkah ngasih dia ruang. Semoga doi mengerti :D

      Hapus
  25. siap sudah hehehe, makasih saran*nya. oiya satu hal lagi, kan sejauh ini saya sudah 2 kali menemui dia, namun skrg yg buat saya bertanya* sampai kapan saya nunggu dia, saya nyesal kenapa kemaren nggak buat kesepakatan buat nentukan sampai kapan dia menyendiri. namun nggak mungkin juga kan kalo saya nemuin dia buat ketiga kali adanya dia malah muak dan saya malah mengacaukan siklus karet gelangnya hehe. bagaimana kalo menurut mas blogger? atau saya boleh nemuin dia lagi tapi dalam jangka waktu berapa lama gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.. Kasihlah semingguan mungkin. Sambil nunggu dia balik coba kamu baca bukunya John Gray saja deh. Kalau bisa doi juga baca, biar sama-sama saling ngerti :))

      Hapus
  26. kaloo setelah semingguan itu, saya temui dia lagi nggak apa- apa? maaf banyak nanya hehehehe. buku john gray dimana belinyaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tidak apa-apa :))) di Gramedia masih banyak kok..

      Hapus
  27. Saya dan kekasih ldr an. 3 hari yang lalu kekasih saya mengajak nikah akhir tahun ini (dia emang udah lama ngebet banget pengen cepet cepet nikah). Tapi saya bilang saya maunya tahun depan karna mau wisuda dulu (dan hal ini udah sering saya sampaikan ke dia). Saya tau dia sedang dalam mood yang sangat baik saat ngomong itu, tapi saya tetep kekeuh dengan keinginan saya. Setelah itu dia jadi dingin, dan seperti menarik diri karna telfon saya tidak dijawab dan chat saya lama sekali dibales dan singkat singkat. Saya sangat tau dengan kebiasaan karet gelang para lelaki, jadi bisa sedikit santai menghadapinya. Tapi ada yang membuat dada saya sesak, karena saya nethink dia tidak yakin ke saya karna menunda nikah tersebut dan memutuskan mundur lalu mencari perempuan lain. Walaupun saya yakin dia tidak akan begitu. Apa yang harus saya lakukan ya mas ilham?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah urusan nikah ini memang rumit dan berat sih ya. Sebagai pria, mungkin saya juga akan sedikir meragu dengan keseriusanmu, karena biasanya perempuanlah yang minta diseriusin dan pria yang biasanya menghindar. Setidaknya itulah yang banyak terjadi di masyarakat kita.
      Jika kamu sulit menjalin komunikasi dengan dia padahal kamu ingin serius, kamu bisa coba untuk bicara baik-baik dengan keluarganya. Atau paling tidak meningkatnya silahturahmi ke keluarga dia, asal gak tiap hari juga sih. Hehe

      Hapus
  28. Saya dan kekasih pria saya baru jadian belum sebulan tapi utk setiap kali mau ketemuan dia selalu undur undur gak tepatin janji dan seperti tidak mau bertemu saya tetapi komunikasi di hp justru dia cenderung over protektif. Setiap saya pergi harus bilang dia. Selalu bertanya saya ngapain pergi kesana dan pergi sama siapa. Tapi giliran mau ketemuan dia seperti menghindari saya.ada aja alasannya sampai kita harus berdebat dulu baru ketemuan. Maksudnya apa sih pria seperti ini. Di hp sangat perhatian giliran ketemuan seperti tidak niat dan susah sekali utk buat janji ketemuan saja.Tapi dia pernah mengajak saya menemui orangtuanya. Cuma saya bilang saya belum siap karena saya takut dan trauma jika saya iya kan pas realisasi nya justru dari dia tidak ada. Walau saya belum bisa buktikan apa benar dia mau kenalin saya ke orangtuanya. Karena saya takut dia php akhirnya justru saya lah yang menghindar jika dia terlihat mulai serius. Mohon sarannya untuk saya. Trims untuk zodiak kekasih saya pria virgo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... Maaf baru merespon. Jadi memang tidak semua hubungan berjalan seperti lumrahnya. Mungkin dia tipe introvert dan antisosial, atau apapun aktivitas di dunia luar membuatnya tak nyaman. Ada kok yang seperti itu. Maka bicarakan dengan baik-baik, dengan lugas, tanpa kode dan dugaan yang tidak-tidak. Temukan cara bercinta yang sesuai dengan kalian berdua. Ceilaaaahh "bercinta", hahahaha. Semangat ya mbak.

      Hapus
  29. Buku Jhon gray yg judulnya apa mas yg bhs tema ni..?

    Yg sy mo tanyakan...bagaimana cara membedakan menarik diri pria karena pria butuh waktu dgn menarik diri pria karna pria tersbt udh ga tertarik lg? Tq infonya

    BalasHapus
  30. mas mau nanya ni saya kemarin sempat ldr 3 bulan tanpa komunikasi sama sekali , tapi saya tetap setia sama dia dan seperti nya dia juga setia sama saya tapi baru hari minggu tanggal 21 agustus kami berdua ad ketemu disitu dia welcome dengan saya, tapi sempat ad permasalahan karna dia ada invite pin mantan nya yg sangat saya tidak suka, jadi pas di saat itu saya ada tetampar dia mas, tapi dia ga marah kok sampai besok ny kami masih baik, lalu pas hari rabu dia menghilang tanpa kabar saya bm ga di blas saya tlpn teman ny yg selalu angkat lalu saya tlpn lagi sampai 50x ga di angkat juga, trus saya kerumah nya rumah ny tutup , itu saya harus gimana yah ap dia bosan atau dia gak sayang lagi , selingkuh kah atau dia cuman lagi butuh waktu sendiri tapi itu cwok keseringan selingkuh si, tapi saya bm selalu ceklis , trus dia ulang tahun di tanggal 2 bualn 7 kmrn dn saya udh beli kado buat dia itu saya tetap beri kan atau ga usah yah, tolong dong saran ny , tolong di balas juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir disini dan berbagi kisah. Jika saya pihak pria, kalau sudah taraf hilang seperti itu ada kemungkinan dia memang ingin menyudahi. Stay calm aja mbak. Hidup gak cuma tentang cinta ke satu cowok doang. Ada banyak sumber kebahagiaan yang bisa kamu dapatkan di luar itu. Semangat.

      Hapus
    2. tapi malam minggu kemaren dia ngabarin saya trus kata nya dia masih sayang , tapi saya ajakin ketemu dia ga mau dan sampe skrg pun saya bm gak di bls nya lagi , tapi dia kok gak mau putusi saya yah? itu saya biarkan saja atau harus mintak kejelasan

      Hapus
    3. langsung minta kejelasan saja. jangan sakiti diri sendiri juga. meski kamu sayang, meski dia sayang, tapi kalau pada kenyataannya tidak jelas arah masa depan kalian yang udah kenapa dipikir rumit. Banyak kok hal menyenangkan, orang-orang menyenangkan, yang bisa membuat kita bahagia dan membawa kita ke masa depan yang lebih baik.

      Hapus
  31. Udah mencoba memahami dan melakukan hal ada di sana, tetep aja ujunnya ditinggalin. Wk.

    BalasHapus
  32. Kak kalau cowo apa yg dia mau terus kita kasih ternyata beda dengan apa yg dia inginkan, dia langsung marah. Ketika saya coba untuk meminta maaf dia tidak meresponnya sesekali dia bilang "males". Beda dengan dulu kalau dulu ketika marah masih sempet untuk membalas chat, kalau skrg paling dalam seharian cuma1 karna dia sudah sibuk dengan dunianya. Kalau misalnya dia tetap kekeh tidak mau memaafkan kita apa kita sebagai cewe harus mengejar walaupun ga direspon, apa diamkan saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diamkan saja dulu. Kamu kejar dulu apa yang kamu inginkan hehe. Jadilah bersinar di duniamu sendiri, semoga dia terkagum denganmu lalu meminta rujuk. :P

      Hapus
  33. cowo menarik diri itu tuh maksain dirinya sendiri ga sih? padahal sebenernya ga pengen kemana2...mageran gth. apalagi klo ga punya duit...gmn klo ujung2 nya dia bisa menarik dirinya keluar dari tempat asal nya untuk move on tp dia cari cewe dulu, cewe yg tinggal di kota lain trs dipacarin untuk jamin idup nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah nemu kasus yang kayak gitu sih. Kalau aku narik diri biasanya emang lagi jenuh, butuh ruang sendiri. Apa artinya cari ruang sendiri kalau malah cari pacar simpanan? Eh

      Hapus
  34. Mas, mohon bntuanny, sy bingung, smlm tiba" cowo sy bilang pngen sndiri (kita ldr beda pulau hmpr setahun, skrg dia pindah di kota dket tmpat sy) pdhl kmrn nya kita masih chat mesra, hri minggu kmrn sy bday tpi dia nda bs dtg krn krjaan, trus tiba" semalam bilang gitu, sy telfon smpat di reject, sehari sblm kmaren sy beri surprise visit ke kost nya, trs smlm dia bgitu pd sy, sy mesti bersikap gimana? Nnti ini sy mau kembali ke kota sy, Bingung sy, mau kmbali dgn keadaan seperti ini,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa, kasih dia ruang sendiri dulu. :)

      Hapus
  35. Maaf mau nanya kak "perbedaan cowok menarik diri dan mundur perlahan" apa ya kak

    BalasHapus
  36. Kami hubungan udah mau 8 bulan, dari bulan ke empat dia mulai berubah banyak, dia cerita kalo dia mulai 'bosan' ke temen cewe saya.. terus temen itu cerita kalo pacar saya sering nelp dia ini itu, saya cek bbm temen cewe saya, dua-duanya mulai genit. saya ajak ketemu pacar saya tp dia menghindar terus.. alasannya belum ada waktu buat ketemu, masih sibuklah ini itu. terus dia akhirnya nge bbm saya, nyuruh saya milih 3 opsi. 1. mau sabar dulu, 2. putus dulu atau mengakhiri hubungan. apakah itu tandanya dia memang mau putus dr saya ?

    BalasHapus
  37. Mas, mau tny ni. Tlg nti direspon yaa..krn aq galau bgt. Gini, aq kenal sm co via online. Dy tinggal di luar negeri. Begitu ngobrol kami ternyata cocok bgt. Sering bgt dy mengatakan hal yg pgn aq katakan. Pokoknya cocok bgt. Tiap hr kami chat,satu2nya yg bikin berhenti pas wkt tidur (kl sini pagi t4 dy malem) sampai suatu hari dy blg seandainya saja kami hidup berdekatan. Hubungan kami memang sebatas teman, krn ga mungkin bagi kami kalo hbgn ini lanjut ke tahap berikutnya krn jarak di antara kami. Dy ga pernah mengungkapkan cinta, hny sebatas berandai2 dan kdg mengirim link lagu ttg ldr. Dy jg blg kl kami menemukan seseorg bs saling mengabari krn toh saling berteman di fb. Suatu ketika dy sakit. Disitu hbgn kami mulai ga intens. Dy blg ga enak badan dan malas chat. Aq blg ke dy ga usah balas chat kl ga pgn, tp aq tetep say hi! Stlh itu dy jarang bgt chat. Terakhir aq tny keadaannya ternyata sdh membaik cuma pgn batasi chat krn masih ga enak badan. Aq blg mf kl udah ganggu dy dg chat. Dy blg engga. Tapi mas, aq shock bgt. Biz itu ternyata dy blokir aq! Aq taunya malem pas mw sapa dy, tnyta aq gbs kirim pesan. Aq cb email dy smp 3x tp ga satupun dibalas. Aq bnr2 bgug. Seandainya dy pgn pergi stdknya kn blg goodbye,bukan blokir gt az dan udah. Pdhl dy blg tetep bs saling kabar krn berteman. Tolong mas, mgkn mas bs jelasin knp biar aq bs lbh bs nerima shg akhirnya ngerti. Aq tggu ya mas krn aq sungguh bgug skrg. Makasiii..

    BalasHapus
  38. Saya berpacaran dg Tni al,4 buln yang lalu dia melamar saya dan belum sempat kluarga saya membalas lamaran itu alamat pun ga tau jelas,setelah itu dia menghilang tanpa kabar,hp nya ga aktif dan nopeku yang dia hafal dia bawa,terkesan sengaja mmng,apakah dia berniat menghilang? Mohon saranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astogfirullah,,,udah coba d hubungin dianya blm? Kalo boleh tau kesatuannya dimana dia?

      Hapus
    2. Hpnya kan ga aktif mbk,,biarpun dulu saya serng diajak ke kesatuanya,selama ditinggal ga ada kabar, saya tdk berniat mengecek ke kesatuanya sebab itu bagian Dr prinsip saya,saya berserh diri aja mbk,

      Hapus
  39. Artikelnya bagus banget dan mengena, 2 bln lalu mengalami fase ini dmn siLelaki menarik diri..tp krna mengikuti prasangka saya..akhirnya malah jd bubar..

    BalasHapus
  40. Sama pengen curhat juga, gw pacaran kebetulan LDRan masih baru sih, jalan 2 bulan, Trus prnah ga ada kabar dari dia dua minggu trs dia dtg tanyain kabar, gw blg ga baik soalnya si dia hilang, dia blg tdk, km jg tdk prnh mengirimkan sy pesan

    Ga berselang lama eh dia ngilang lg gw ga tau salah gw apa, udah seminggu dia nga ngeread pesan gw smpe skrg, pesan trkhr gw nanya dia lg ngapain ga di read2 juga.. krna gw orgnya cuek , gw gengsi u/ hubungin gini"lagi' so apakah perlu ngasih waktu lg? Gw mau text dia apa yg trjadi mau dikemanain hubungan kita, krna jujur gw ga suka digantung kayak gini

    BalasHapus
  41. Kaaa kalau cowo aku tiap di chat jangan dibales dtelpon juga sama sama cuek, tapi disaat ketemu sikap cowo aku tuh beda sama yg ada di chat dan tlpon justru kalau ketemu kita aku ga ngerasain kalau dia cuek eh abis ketemu tetep aja cuek. Dan akhirnya dia blg lewat chat kalau dia itu lagi gamau ngobrol nanya2 yaa mungkin jga karna setiap chat aku ga pernah dia bales aku terus aja kepo nanyain dia lgi dmna lagi apaaa tp tetep ajaa cuma diread aja hehe nyesek jga sih kaaa, apa aku harus cuek balik ke dia ka? Apa aku harus diemin diaa? sampe Dia kabarin aku duluan?

    BalasHapus
  42. Tingkyu ya brooo...krn ini jg bs jd msukan yg oke buat cewe2 ky aq...yg galaooooo kalo lg dcuekin cwo nya...jd optimis sih stlh bc blog ini...trs jg jd bs sdikit rileks jg...thanks ya

    BalasHapus
  43. Mas ilham..mau tanya donk..kalau pria itu sblmnya blg ...mnta waktu gak ktmu dulu 2 mnggu mau ngurusin urusannya..kbetulan doi hobby gambar dan lukis jd mau berkarya dl..setelah 2 mnggu dia alasan ada acara klwrga..stelah itu br bs di temuin mnggu ke 3.. tp dia jujur dia knapa2..dia bilang feelingnya udh flat buat aq :( sedih bgt mas dgtuin..anyway qt pacaran udh mau 4thn..ini gmn saya hrs nyikapinnya?saya cm bs brsikap bijak aja,,wajar salah satu bosen krna pcrnnya udh lama.. Doi br jg pcrn lama gni..sblmnya paling lama cm 2thn itu pun LDR..sdgkn sama saya sering ktmu krna 1 kota..tp dia blg gak mau flat kayak gni..pgnnya ya sprti dulu full of love ke aq gt..dia jg bingung knpa bs flat skrg ke aq :( trs dia mnta maaf smpe nangis2 gt ke aq..dia gak mau udahan sm aq jg soalnya..aq pun sama :( .. gmn ya mas jd nya? 😕

    BalasHapus
  44. Mas ilham..mau tanya donk..kalau pria itu sblmnya blg ...mnta waktu gak ktmu dulu 2 mnggu mau ngurusin urusannya..kbetulan doi hobby gambar dan lukis jd mau berkarya dl..setelah 2 mnggu dia alasan ada acara klwrga..stelah itu br bs di temuin mnggu ke 3.. tp dia jujur dia knapa2..dia bilang feelingnya udh flat buat aq :( sedih bgt mas dgtuin..anyway qt pacaran udh mau 4thn..ini gmn saya hrs nyikapinnya?saya cm bs brsikap bijak aja,,wajar salah satu bosen krna pcrnnya udh lama.. Doi br jg pcrn lama gni..sblmnya paling lama cm 2thn itu pun LDR..sdgkn sama saya sering ktmu krna 1 kota..tp dia blg gak mau flat kayak gni..pgnnya ya sprti dulu full of love ke aq gt..dia jg bingung knpa bs flat skrg ke aq :( trs dia mnta maaf smpe nangis2 gt ke aq..dia gak mau udahan sm aq jg soalnya..aq pun sama :( .. gmn ya mas jd nya? 😕

    BalasHapus
  45. Maaf mas ilham saya baru membaca artikel nya. Sebelumnya saya tdk pernah mengetahui jika pria punya sifat ingin menyendiri sprt itu smpai kmrn tiba2 pacar saya yg sudah hampir 4th bersama saya mendadak ingin sendiri, tdk mau diganggu, tapi ketika dilihat dia masih care (bilangnya sih udh ga ada rasa, dan dia sndiri bingung sama dia sndiri) jujur saya blm pernah tau pria bisa spt itu, jd ketika dia ingin sndiri saya *spt yg anda bahas diatas/ mulai berprasangka yg tdk2. Dan akhrnya saya meminta putus. Krn saya tdk tau sblumnya ada siklus dmna pria ingin sndiri, jujur tentu masih mengharapkan. Dia bilang msh ingin tetap kontekan selalu menjdi teman dan dia mengatakan jika dia feel better dia akan hubungi saya.

    Yg ingin saya tanyakan apakah ini yg anda maksud karet gelang td hanya wktu blm tau kapan? Jika iya apakah saya harus menghubunginya minta maaf telah memutuskannya krn saya tdk tau dgn siklus menyendiri ini? Jika iya? Kapan? Apakah 40 hari kisaran yg ada sebutkan atau ketika dia menghubungi saya saja baru saya bicarakan baik2 ?
    Bagaimana jika saya tdk segera meminta maaf disaat skrg dia ingin sndiri? Spt yg anda bilang dia bisa saja malah lebih nyaman dgn kesendiriannya?

    BalasHapus
  46. pacar saya sebenarnya rumahnya dekat dgn saya, tapi karna dia sekolah pelayaran dan harus diasrama maka dr itu kita ketemu saat dia pesiar aja. paling sering 2mnggu sekali ketemu. sebelumnya kita udah pernah putus, dia yg memutuskan saya pdhl karna ksalahan dia juga sampai akhirnya dia meminta kita utk kembali dan banyak sekali janji yg ia kasih dan ia terlihat serius.

    setelah balikan, hub kita sudah berjalan 2 bulan dan normal2 saja meskipun kadang chat dia suka cuek saya maklum mungkin dia sibuk tp gapernah sampe ga ngasih kabar. dan slalu ada saat dimana dia perhatian dan romantis jg. minggu lalu tgl 20 nov kita bertemu dan baik2 saja, tp selepas kita berpisah tb2 dia sudah tidak berkabar. padahal dia on sosmed. sy hub dia lwt wa tidak dibaca, smntara saya coba wa pake hp temen saya dibaca namun tdk dibalas. ini sudah 4 hari.

    saya bingung, ada apa sebenarnya dengan dia? apa mungkin siklus karet gelang itu? saya tdk tahu apakah karna siklus itu apa dia mempermainkan saya saja krn sblumnya dia pernah berbohong mskipun stelah itu meminta balikan dan dia bilang bhw dia khilaf. apa yang hrs saya lkukan? thanks.. anna

    BalasHapus
  47. Maaf mungkin saya agak terlambat menemukan blog ini, tapi semoga masih ada tanggapan dari penulisnya.. setelah saya amati semua kasus yg ada adalah yg sudah berstatus pacaran. Bagaimana klo dlm status pdkt, ada nya menarik diri apakah ada siklus atau menjauhnya dia karena tidak tertarik? Tp setelah 3 kali pergi kencan.

    BalasHapus
  48. Thanks tulisannya sangat membantu saya saat ini, karna saya sedang mengalami fase ini. di mana calon suami saya tiba2 pengen sendiri. tp saya bersyukur karna dia mengutarakan apa yang menyebabkan dia pengen sendiri, dan dia akan menceritakan kepada saya permasalahannya itu. Tiap hari kamipun berkomunikasi seperti biasa walaupun saya merasa itu hambar gak seperti sebelum2nya..tp gpplah yang penting kami masih bisa komunikasi karna kami ldr. Saya berharap semoga hal ini tidak berlarut-larut karna jujur ini menyiksa bangat...
    Sekali lagi thanks untuk tulisannya..

    BalasHapus
  49. Aku mau tanya kak. Aku diputusin hmpr dua minggu lalu dgn alasan aku suka ngambek, marah dan ngelarang. Sejujurnya aku gperna ngelarang dia apapun cuma kadang suka ngambek aja klo dia ngelakuin itu tp kita gada masalah apa2. Aku gaterima dan dia gabisa kasih penjelasan yg lengkap kenapa. Tbtb aku tau trnyta pas abis putus dia deket sma cewe lain. Tp dia jg masi ngajak makan,jalan dll. Tp setiap ditanya kenapa putus dan balikan, dia bilang gatau dan gamau. Dia bilang tunggu sebulan/3 bulan buat balikan insyaallah. Tp skrg aku sama dia kaya hubungan tanpa status gitu ka. Aku mau ada status gitu tp dianya gitu, dia gamau aku pergi tp gabisa balikan jg. Trus dia suka ngomongnya berubah gitu ka, pagi2 baik trus malemnya cuek. Trs dia tuh jd kya liar gitu minum2 dll kaya stress gitu. Aneh bgt ka, aku bingung dia tuh abu abu. Dia tuh susah buat ngjelasin semuanya, alesannya kenapa dll. Tolong masukannya:)

    BalasHapus
  50. Pria karet gelang. Saya jd mau ketawa

    BalasHapus
  51. Nah kalo kek gini gmn nih kak..
    Sebelumnya... Kami berdebat gara" aku cemburuin dia...
    Nah tapi kami akhirnya baikan, dan dia blg kita harus saling percaya...
    Terus esoknya... Dia sulit sekali dihubungin...no nya gg aktif...
    Bbm d doang, padahal dia sempat update stts... Tp bbmnya gg dibaca....
    Trs keesokan harinya lg... Aku krm bbm tapi centang... Udah 4 hari gg bs dihubungi... Bbm pun centang..
    Kira" knp ya kak

    Maklum kami ldr... Jadi yaa prasangka macem" malahan

    BalasHapus
  52. Ka saya mau nanya.. Bagaimana kalau misalkan kita terlalu peduli sma dia. Dan dia tidak peduli sma kita (cewek) dan dia suka cuek. Suka tiba tiba ungkit masa lalu. Suka marah karna hal spele padahal cwek itu selalu mengalah dan minta maaf. Gmna hadapi nya

    BalasHapus
  53. wah berguna bgt, pacar gue (yg dulu nya sahabat gue) baru aja mutusin untuk ga mau pacaran dengan gue lagi padahal baru 2 bulan kita jalan bareng dengan status pacaran, dan kita udh ngerancang hubungan serius mau nikah. eh beberapa hr lalu dia bilang, dia lbh nyaman anggap gue sbg sabahat. singkat cerita dari WA yang dia kirim ke gue, dia ga mau terikat yang kemana-mana harus ngabarin, ngucapin selamat pagi, selamat tidur. mungkin tipe cowok beda-beda, karena mantan gue sebelum dia ngarep bgt diperhatiin sama gue, eh dapet yg skrg malah ga mau perhatian dari gue. ya pokoknya yang gue tangkep dia masi pengen bebas. mungkin gue akan coba cara 40 hari itu, tp apa perlu gue block semua sosmed dia supaya dia ga bisa lihat aktifitas sosmed gue?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya nggak perlu mbak, pria cenderung mikir "alay/berlebihan" --bukan jadi penasaran seperti imajinasi kita-- kalau wanita tiba2 memutuskan segala hubungan dengannya (contoh block sosmed, dll). Cukup bersikap biasa saja, beraktivitas seperti biasanya, dan jangan tunjukkan kita melemah. Saya sedang diposisi yang sama, malah sudah 1,5 bulan tidak berhubungan sama sekali. Tapi inilah kejutannya. Dia kembali dan jauh lebih baik daripada sebelumnya (atau mungkin beberapa kasus lain akan digantikan yang lebih baik). Ruang itu perlu, dia butuh merasakan rindu. Kalimat saja nggak akan enak dibaca kalau nggak ada spasi bukan? :)

      Hapus
    2. Halo mbak.. saya juga sedang di posisi yang sama dg mbak Firdha, namun bedanya saya masih dalam fase menunggu.. sampai saat ini sudah 1 bulan saya belum mendapat respon walaupun hampir setiap hari saya terus menyapa :)
      Mudah2an penantian saya berakhir indah ya mbak :))

      Untuk mas penulis, terimakasih sudah memberikan pencerahan untuk kaum2 hawa seperti saya yang clueless tentang tingkah natural para kaum adam :D

      Hapus
    3. Halo mbak.. saya juga sedang di posisi yang sama dg mbak Firdha, namun bedanya saya masih dalam fase menunggu.. sampai saat ini sudah 1 bulan saya belum mendapat respon walaupun hampir setiap hari saya terus menyapa :)
      Mudah2an penantian saya berakhir indah ya mbak :))

      Untuk mas penulis, terimakasih sudah memberikan pencerahan untuk kaum2 hawa seperti saya yang clueless tentang tingkah natural para kaum adam :D

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Hai mbak firdha aku mau nanya, mbak 1,5 bulan tidak berhubungan setelah putus atau pacar mbak firdha bilang untuk menjadi teman saja mbak?

      Aku berantem dgn pacarku karna masalah kota tempat tinggal, pacarku minta aku tinggal d tempat kk ku yg 1 kota dgn dy dan mencari pekerjaan disana. Awalnya aku gamau karna dy blm menyampaikan ingin serius sama ortu aku dan minta aku tanya ortu aku sendiri d bolehkan atau tdknya, tp aku mau nanya nya kalau dy udh dt g bilang maksud seriusnya. jd kita berantem dan sama2 emosi sehingga dy memutuskan hub kita dan bilang kita berteman saja. 4 hari setelahnya aku minta maaf dan bilang aku mau d kota dy dan bilang ingin balikan, tp dy nolak ajakan untuk baikan dan memilih tetap berteman baik saja.

      Awalnya aku chat reaponnya dingin dan seadanya, setelah seminggu responnya dingin jg tp sedikit lebih baik, jd aku fikir dy masih butuh waktu saja lalu 2 minggu setelah dy bilang putus aku bilang maaf lagi dan ngajak balikan lg, tp dy tetep nolak aku tp responnya lebih ramah dan bilang kita tetep berteman baik, aku sebel saat itu jd aku jawab saja oke.

      Setelah itu aku udh g chat2 apa2 lg. Sekarang sudah hari ke 19 kita putus dan kita udh g chat sama sekali sejak saat itu. Sejujurnya aku masih pengen balikan sama dy, tp ngeliat responny aku bingung harus karna responnya penolakan.

      Tp beberapa hari ini dy jd suka ngepoin status wa aku, setiap aku update dy pasti langsung nge view. Aku jd bingung apa dy sedangd siklus karet gelang atau dy sayang tp gengsi balikan karna dy yg mutusin atau emang dy udh gamau lg sama aku

      Baiknya aku harus gmn yah?

      Hapus
  54. Nama saya vernesa wilson, dan saya berbasis di USA ... hidup saya kembali !!! Setelah 1 tahun berpisah, suami saya meninggalkan saya dengan dua anak. Saya merasa seperti hidup saya akan berakhir saya hampir bunuh diri, saya secara emosional turun untuk waktu yang sangat lama. Berkat kru mantra yang disebut Dr odudu yang saya temui secara online. Pada satu hari yang setia, saat saya browsing melalui internet, saya menemukan banyak kesaksian tentang kastor mantra ini. Beberapa orang bersaksi bahwa dia membawa kekasih Ex mereka ke belakang, beberapa memberi kesaksian bahwa dia memulihkan rahim, menyembuhkan kanker, dan penyakit lainnya, beberapa memberi kesaksian bahwa dia bisa memberikan mantra untuk menghentikan perceraian dan sebagainya. Saya juga menemukan satu kesaksian khusus, ini tentang seorang wanita bernama Sonia, dia memberi kesaksian tentang bagaimana dia mengembalikan kekasih Ex-nya dalam waktu kurang dari 2 hari, dan pada akhir kesaksiannya dia menjatuhkan alamat e-mail Dr odudu. Setelah membaca semua ini, saya memutuskan untuk mencobanya. Saya menghubungi dia via email dan menjelaskan masalah saya padanya. Dalam 48 jam saja, suamiku kembali padaku. Kami memecahkan masalah kami, dan kami bahkan lebih bahagia dari sebelumnya, Dr odudu benar-benar orang yang berbakat dan saya tidak akan berhenti mempublikasikannya karena dia orang yang hebat ... Jika Anda memiliki masalah dan Anda mencari yang nyata dan asli Mantra kastor untuk memecahkan semua masalah Anda untuk Anda. Coba Tinggi kapan saja untuk menghubungi dia via email, dia mungkin menjadi jawaban atas masalah Anda. Inilah kontaknya: odudumaraba@yahoo.com

    BalasHapus

Berkomentarlah sejujur-jujurnya. Sebab menjadi diri sendiri tanpa rasa sungkan adalah sebaik-baik sandiwara.