18 April 2018

Membiasakan Gaya Hidup Sehat yang Menyenangkan


Saya yakin, kita telah memahami bahwa olahraga adalah cikal bakal kesehatan bagi tubuh kita. Berbagai macam penyakit mulai dari penyakit berat seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kolestrol, dan lain sebagainya dapat dicegah dengan meruntinkan kegiatan olahraga. Bahkan penyakit ringan seperti flu sekalipun juga mampu diantisipasi jika badan senantiasa dalam keadaan bugar lewat olahraga.

Eits, tapi jangan salah. Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi badan saja, lho. Ada manfaat-manfaat lain yang bisa kita dapat dari berolahraga. Yaitu:

Mengontrol Mood

Olahraga dapat meningkatkan energy dan serotonin di dalam otak. Nah, serotonin itu sendiri merupakan hormon yang memiliki fungsi untuk mengontrol mood atau suasana hati. Dengan demikian, serotonin yang meningkat akan membuat emosi kita stabil. Hal ini tentu saja berguna bagi aktivitas kita sehari-hari terutama berkaitan dengan produktivitas kerja.

Meredakan Stres

Dewasa ini ada banyak cara untuk melawan stres. Namun, dari sekian banyak cara tersebut tak sedikit yang memiliki dampak negatif, seperti makan berlebihan, minum-minuman keras, dugem, atau bahkan shopping. Cara-cara tersebut memang bisa jadi pelarian dari stres. Tapi jika ada cara yang mampu memberi dampak lebih positif, ya kenapa tidak? Olahraga adalah cara yang tepat untuk meredakan stres karena bisa memberi efek relaksasi pada tubuh dan pikiran.

Membangun Relasi

Tidak hanya soal suasana hati dan pikiran, olahraga ternyata juga memberi dampak bagus pada jiwa sosial kita. Menjalani aktvitas olahraga bersama orang lain dapat mendekatkan hubungan personal dengan orang tersebut. Itulah kenapa di banyak ruang terbuka pada minggu pagi, sering kita menjumpai satu set keluarga yang berolahraga bersama. Hal ini memang diyakini mampu membangun hubungan keluarga yang lebih harmonis. Lebih dari itu, saat ini sudah banyak komunitas-komunitas olahraga, otomatis lingkaran pertemanan akan lebih luas, bukan?

Selama saya tinggal lima bulan ini di Jakarta, saya memang tidak rutin berolahraga. Namun, saya menemukan wahana yang asyik untuk berolahraga. Jadi, pada pertengahan Maret dan April tahun ini, saya bersama Tiwi rela bangun pagi lantas melesat hebat ke Ancol. Tujuan kami adalah sarana olahraga di Allianz Ecopark.


Allianz Ecopark pada mulanya merupakan lapangan golf, tapi baru-baru ini area tersebut dialihfungsikan sebagai taman olahraga yang begitu luas. Tidak hanya berguna untuk olahraga saja, sih. Ada juga wahana bermain dan belajar bagi anak yang tentu saja menyenangkan untuk berlibur bersama keluarga di sana.

Karena saya dan Tiwi belum punya anak, sudah tentu kami tidak mengeksplor lebih jauh perihal wahana-wahana tersebut. Kami berdua lebih tertarik dengan event yang saat ini sedang hot and hits. Apakah itu?

Allianz Sweat Challenge

Allianz Sweat Challenge adalah program olahraga yang diselenggarakan oleh Allianz Life Indonesia guna menumbuhkan kebiasaan gaya hidup sehat kepada masyarakat. Acara ini dilaksanakan berangkaian, mulai dari November 2017 hingga Desember 2018. Saya dan Tiwi awalnya mengikuti sesi Workshop Beginner Runner pada 10 Maret. Setelah itu ikut lagi pada 14 April dalam sesi ABC Drills. Kedua sesi tersebut dipandu oleh Opa Paulus yang merupakan atlet profesional.

Dalam salah satu kesempatan yang berbahagia, kami sedikit berbincang dengan Head of Market Management Allianz Life Indonesia, yaitu Karin Zulkanaen. Mbak Karin yang sedang rehat selepas berlari ke sana ke mari memaparkan program Allianz Sweat Challenge dengan penuh antusias. Ia menyebutkan jika sepanjang acara ini berlangsung, setidaknya telah tercatat ada 1.200 peserta yang telah mendaftar. Tingginya minat masyarakat akan kegiatan ini ternyata tercium ke berbagai wilayah di Indonesia, sehingga ada event serupa yang juga diselenggarakan ke beberapa kota.

Dari Mbak Karin itu pula saya mendapat informasi mengenai sesi BIG BANG by Allianz World Run yang konsepnya asyik sekali. Jadi, sesi ini akan dimulai pada 28 April 2018 dan berakhir pada akhir tahun. Tidak hanya lari, acara ini dikemas juga dalam bentuk charity. Cara kerjanya begini:

- Mulai tanggal 28 April 2018 kita bebas untuk berlari ke mana saja, kapan saja, dan di mana saja.

- Gunakan aplikasi endomondo untuk mencatat prestasi lari kita. Aplikasi ini secara otomatis bisa merekam seberapa jauh jarak yang kita tempuh.

- Semakin banyak kita berlari, semakin jauh total jarak yang kita tempuh, semakin banyak pula kita menyumbang untuk charity.

- Melalui aplikasi endomondo kita bisa melihat sejauh mana prestasi yang didaptkan oleh pelari-pelari lain. Anggap saja aplikasi ini sebagai sosmednya para runner, lah.

- Bagi yang memiliki prestasi dalam tantangan ini, akan mendapatkan kesempatan pergi ke Bali secara gratis (transportasi dan tempat tinggal), serta diikutsertakan dalam event bergengsi yaitu lari maraton.


Awalnya, saya merasa pesimis mengingat saya bukanlah pelari yang andal. Namun Mbak Karin menegaskan jika tantangan ini berlaku untuk semua kalangan dan pemenangnya bisa siapa saja. Meski bakal banyak atlet lari yang mengikuti Big Bang “World Run” ini, namun pemenang akan ditentukan sesuai dengan kategori. Misal kategori pelari terjauh, pelari paling konsisten, pelari paling rutin, dan mungkin ada kategori pelari termuda paling aktif maupun lainnya.

Tidak ada salahnya kita bersama-sama memulai gaya hidup sehat lewat olahraga dengan memanfaatkan acara ini. Jika masih ingin mengetahui lebih banyak soal Big Bang “World Run” maupun keseluruhan agenda Allianze Sweat Challenge, kita bisa langsung pantai segala informasinya di sini: Informasi Lengkap Allianz Sweat Challenge. 

Jika ingin mencoba langsung bagaimana keseruan Allianz Sweat Challange langsung saja datang ke Allianz Ecopark Ancol di hari-hari yang sudah di tentukan. Pastikan datang pukul 7 pagi agar tidak ketinggalan acaranya dari awal. Oiya, saya merasa beruntung ketika kerongkongan dilanda haus, ternyata di sana telah disediakan teh botol Sosro tawar secara gratis. Seger rasanya.

Lebih dari itu, saya dan Tiwi juga mendapatkan minuman kopi berenergi bernama Ammo. Kopi botol ini lain daripada kopi botol yang telah ada sebelumnya karena kandungan kopinya paling dominan sehingga kopi ini rendah asam. Kopi Ammo ini dikenal dengan kekuatannya mengembalikan tenaga dan membuat mata segar kembali. Wow! Percayalah, kamu harus coba sensasinya!

Bagaimana? Tidak ada salahnya kan terlibat dalam Allianz Sweat Challenge ini? Meski acara ini diselenggarakan oleh perusahaan asuransi kesehatan, tapi kita tidak perlu waswas karena kita tidak akan diprospek atau apapun itu. Bahkan saya tidak melihat ada iklan atau promosi asuransi di sini. Kalau kata Mbak Karin, “Banyak jasa asuransi yang cuma hadir saat kita sedang sakit. Kami sih lebih memilih untuk mengupayakan bagaimana caranya agar kita jangan sampai sakit.”

Yuk, silakan coba saja mengikuti acara ini. Bisa sendirian, bersama teman, atau mengajak keluarga. Event ini tidak ada kuota-nya, kok. Semakin banyak yang terlibat justru makin seru nantinya. Nah, sudah saatnya kita berolahraga dengan menyenangkan.  See you on field!

13 komentar:

  1. Ingin mengomentari bagian, "Karena saya dan Tiwi belum punya anak,..." tapi tidak jadi ah wkwkwk

    Ayok ke Allianz lagi! Tapi sebelum pukul 7 biar bayar masuknya mabelas rebu. Hwahaha~

    Ikutan charity-nya seru kayaknya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha piyee.. Yuk, mayan selisih 10ribuan. Bisa buat beli bubur ayam buat sarapan ya kan. Hahahaha.

      Hapus
  2. Saya udah ngosongin jadwal tgl 28 dan download aplikasinya juga, see you there

    BalasHapus
  3. Mulai tanggal 28 April 2018 kita bebas untuk berlari ke mana saja, kapan saja, dan di mana saja.

    Berarti lari dikota masing-masing bisa dong ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak. Asal pakai aplikasi endomondo biar punya record larinya.

      Hapus
  4. Setuju, kalo stress jgn malah kita ngelakuin hal2 negatif, lebih baik olahraga,biar sehat jasmani dan mudah2an sehat rohani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mud. Kalau lagi resah nungguin doi ngabarin juga baiknya olahraga yaa.

      Hapus
  5. Seperti apa nih sensasinya kopi ammo, wahh jadi kepingin.... Kalo saya sendiri suka banget makan coklat kalo lagi bad mood apalagi stress, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopi Ammo bikin melek Sol. Kalau kebanyakan malah bikin teler wkwk

      Hapus
  6. Emang perlu banget mengontrol mood, apalagi yang moodian kayak aku hiks jadi ga produktif kalo kerja-_-

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates