27 Mei 2019


Negeri ini selalu menyelenggarakan tradisi tahunan setiap kali lebaran tiba. Kita menyepakati istilah 'mudik' untuk menunjuk perihal ini. Mudik memiliki arti, "berlayar ke udik (hulu sungai)" yang pada konteks tersebut merujuk pada aktivitas seseorang yang pulang ke kampung halaman. Istilah ini kemudian makin populer dan terus kita pakai hingga kini, khususnya pada momentum lebaran tiba.

Bagi saya, ini adalah kali kedua saya tidak pulang kampung. Tahun lalu saya tidak mudik karena ingin merasakan lebaran di ibu kota. Tahun ini, batal mudik karena kehabisan tiket. Sebenarnya Tiwi dapat tiket mudik gratis dari sponsor. Namun sayang, tiket dibatalkan ketika hari sudah mendekati lebaran.

Ngomong-ngomong soal mudik gratis, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi yang membutuhkan. Pendaftaran mudik gratis bagi moda bus sudah dibuka sejak 20 Maret 2019. Sedangkan moda kereta api dibuka sejak 12 Mare 2019. Untuk saat ini baru transportasi darat yang mendapat keistimewaan mudik gratis.

Dari tahun ke tahun, Kemenhub terus berupaya meningkatkan pelayanan mudik gratis ini. Jika pada tahun lalu kota tujuan mudik ada 32, maka pada tahun ini meningkat hingga 40 kota. Demikian pula dengan kuota truk pengangkut sepeda motor yang naik 30 truk terhitung ada 70 truk pada 2018 dan 100 truk di tahun ini. Degan begitu, diharapkan 3.500 sepeda motor bisa diangkut menuju kota tujuan para pemudik.

Konsentrasi Kemenhub perihal mudik terbilang sudah cukup baik. Mulai dari pelayanan, fasilitas, hingga kesiapan dan antisipasi terhadap berbagai hal yang mungkin saja terjadi sudah terancang dengan baik. Hal ini saya yakini ketika berdiskusi bersama Bapak Budi Karya selaku Menteri Perhubungan Indonesia saat ini.

Buka Bersama Kemenhub Ngobrolin Mudik

Acara diskusi ini merupakan salah satu agenda buka bersama yang diselenggarakan oleh Kemenhub di Greenhouse Coworking Space and Office, Multivision Tower, Jakarta Selatan, pada Jumat, 24 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh sejumlah bloger, vloger, dan influencer yang kekinian, membuat suasana buka bersama terasa hangat dan akrab.

Suasana bukber yang serba putih.
(dokumen pribadi)
Bukber sekaligus diskusi ini mengangkat tema "Mudik Bareng Asyik Lancar" yang sesuai dengan jargon Kemenhub dalam menyambut lebaran tahun ini. Bapak Budi Karya, sebagai narasumber utama, menjelaskan visinya dalam memfasilitasi mudik bagi masyarakat. Yaitu, mudik "bareng", mudik "asyik", dan mudik "lancar".

Kemenhub mengharapkan momentum lebaran ini mampu membuat masyarakat merasakan suasana kumpul keluarga. Asas gotong royong juga ingin dibangun antar pemudik, sehingga "mudik bareng" dapat dilakoni dengan baik. Maka wajar saja jika Kemenhub bertekad memberangkatkan sejumlah pemudik secara gratis.

Lalu "mudik asyik" di mana perjalanan mudik diharapkan mampu membawa nuansa nyaman dan aman bagi pemudik. Sejumlah rest area juga telah diperluas jangkauannya, sehingga para pemudik yang kelelahan dapat beristirahat di tempat yang tepat. Tidak lupa sejumlah tim medis telah dipersiapkan di beberapa lokasi guna menangani hal-hal yang tidak diingankan.

Selanjutnya bicara soal perjalanan jauh tentu harapan semua orang adalah kelancaran. Pasti menyebalkan jika terjebak kemacetan ketika mudik. Maka Kemenhub telah menerapkan rute dan infrastruktur jalan yang baik agar para pemudik dapat melintas dengan lancar sehingga "mudik lancar" bukan hanya sekadar slogan saja.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik

Melalui kesempatan bukber itu pula, Bapak Budi Karya memberi himbauan kepada para pemudik untuk memperhatikan beberapa hal, di antaranya:

- Sebaiknya tidak menggunakan motor untuk mudik. Mengapa? Tentu saja alasannya adalah keselamatan. Jadikan sepeda motor sebagai pilihan terakhir saat hendak bermudik. Kecuali kalau kampung halamannya cuma selemparan kancut.
- Barang bawaan jangan berlebihan. Pulang ke kampung halaman memangnya butuh berapa hari, sih? Meski banyak barang penting yang mesti di bawa, namun pada hari H jangan sampai terlalu banyak membawa itu semua.
- Patuhi peraturan, baik bagi pemudik dengan alat transportasi umum maupun transportasi pribadi.
- Kenali kondisi diri. Ini penting! Jangan terlalu memaksakan diri jika memang tubuh sudah mencapai batasnya. 
Santainya Budi Karya memaparkan soal mudik.
(dokumen pribadi)

Nah, itu saja kiranya yang bisa saya ceritakan soal mudik sebagaimana yang dibahas dalam ajang buka bersama Kemenhub. Acara seperti ini sangat menyenangkan bagi saya, sebab ada diskusi yang menarik selain dilengkapi dengan tausyiah bersama Ustad Komaruddin dan nobar vlog Pandji Pragiwaksono X Budi Karya. Sebagai tambahan informasi: hidangan buka puasanya enak! Hehehe.

Header Photo by Elviss Railijs Bitāns from Pexels

24 Mei 2019


Memasak. Siapa sih yang tidak suka aktivitas satu ini?

Ya, pembukaan klise seperti itu mari kita tinggalkan dulu. Saya akan memulai tulisan ini dengan sebuah kenikmatan hidup yang bisa kita peroleh dari makanan bernama agar-agar.

Agar-agar (Agarosa) yang saya ketahui adalah makanan berupa gel yang diolah dari rumput laut atau alga. Memiliki tekstur kenyel-kenyel, mudah lumat di mulut, dan enak bagi segala usia. Makanan ringan satu ini sering muncul di segala kesempatan, baik itu sebagai hidangan buka puasa, hidangan pengajian, hidangan kepada tamu, dan masih banyak lagi.

Agar-agar merupakan makanan yang baik bagi hidup kita. Mengapa demikian? Melalui situs doktersehat.com, saya menemukan beberapa khasiat agar-agar, seperti:

1. Agar-agar adalah skincare yang bener-bener care sama kamu. Sebab, di dalam agar-agar terdapat asam amino alami yang bermanfaat untuk pembentukan sel kulit tubuh dan ada kandungan collagen untuk melawan tanda-tanda penuaan. Agar-agar juga diyakini bisa mengurangi berbagai masalah kulit, salah satunya adalah jerawat.

2. Menu dessert yang ramah buat program diet. Bagi kamu yang sedang khawatir dengan ke-endud-an, jangan khawatir. Sebab, agar-agar yang rendah kalori ini dapat mempertahankan berat badan dan mempelancar pencernaan.

3. Jantung sehat dan halau kolestrol jahat. Makanan yang kaya akan karbohidrat dan vitamin B ini cocok dimakan seusai berolahraga karena membatu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Dipercaya, agar-agar mampu melawan kolestrol dan mencegah resiko serangan jantung.

4. Anti botak-botak club! Yak, buat kamu yang cemas dengan masalah rambut, terutama kerontokan. Agar-agar bisa bisa membantu mengatasi itu karena merupakan salah satu sumber asam folat.

Nah, itu dia empat poin kelebihan agar-agar yang bisa bikin kamu ceria. Agar-agar menurut saya, cocok dihidangkan sebagai menu buka puasa. Karena makanan ini mudah lumat di mulut, cepat habis, sekaligus memberi rasa kenyang. Tentu cocok banget buat santap buka puasa agar kita bisa segera melaksanan ibadah maghrib tepat pada waktunya.

Pada masa Ramadan kali ini, saya membuat agar-agar dengan kreasi yang tak biasa. Saya mengandalkan Skippy Peanut Batter sebagai elemen rasa yang utama. Mau tahu bagaimana cara bikinnya? Simak resep berikut ini:

Bahan
- 1 sachet ramuan agar-agar instan
- Roti tawar
- Selai Skippy (saya menggunakan Skippy Peanut Batter yang creamy)
- Gula
- Air

Alat
- Panci
- Cetakan
- Pengaduk

Cara Memasak
- Rebus air
- Tuangkan adonan agar-agar dan gula sesuai firasat kamu
- Aduk-aduk terus hingga pegal, eh, hingga mendidih
- Masukkan selai Skippy Peanut Batter sambil terus mengaduk
- Aduuuukk terus seperti saat kamu kepoin instagram gebetan
- Sambil ngepoin, siapkan potongan roti ke dalam cetakan
- Tuang rebusan ke dalam cetakan setelah selai Skippy berwujud seperti bulir-bulir wijen
- Diamkan hingga agar-agar mengeras
- Agar-agar Kacang ala Skippy siap dihidangkan!

Bahan-bahan sederhana bikin Agar-agar Skippy.

Roti yang dipotong kecil sebagai isian agar-agar.

Menuangkan rebusan ke dalam cetakan.

Lihat tuh ada bulir-bulirnya. Itu Skippy!
Selama proses pengendapan ini kamu mesti hati-hati sama semut-semut nakal. Kalau mau dimasukkan ke dalam kulkas setidaknya jangan langsung dimasukkan ketika air masih panas-panasnya.

Bagaimana hasilnya?


Agar-Agar Kacang Ala Skippy siap disantap!
Resep sederhana ini bagiku cukup berhasil! Rasa agar-agar benar-benar berpaling jadi kekacang-kacangan. Tekstur padat Skippy sebagai selai jadi hilang begitu saja, melebur dengan agar-agar yang kenyal dan lembut. Jadi gampang melumatnya.

Nah, bagian roti bikin setiap gigitan lebih berasa dan mengenyangkan. Cocok banget sebagai hidangan buka puasa, apalagi buka puasa bareng keluarga atau teman-teman sejawat. Kamu bisa coba resep ini kapan saja karena caranya yang praktis, bahan-bahannya mudah ditemukan, dan tidak butuh skill sekelas Master Chef untuk membuatnya.

Demikian resep Agar-agar Kacang ala Skippy kali ini. Silakan kamu mencobanya jika berkenan. Atau kamu punya resep sederhana nan menarik lainnya? Ceritakan resep kamu di sini, yuk!

Header: Buenosia Carol via pexels.com

9 Mei 2019


Genre film apa yang paling kamu suka? Apakah film laga? Atau bisa jadi film romantis menjadi pilihan pertama kamu?

Film romantis biasanya dirancang untuk mengaduk-aduk emosi penonton. Apalagi kalau kisah yang diangkat relevan dengan kisah hidup kita. Meski kadang nggak sedramatis itu, tapi ada beberapa momentum manis yang bisa terjadi dalam hidup kita. Kita bisa tertawa dari komedinya, bisa sedih karena dramanya, atau sampai senyum-senyum sendiri karena kutipan kata-kata romantisnya.

Apa sih yang bisa kita dapatkan dari nonton film romantis? Tentu saja bukan adrenaline rush, melainkan sensitivitas romansa yang bisa dipoles dengan kutipan romantis yang ada dalam film. Oleh karena itu, tidak heran jika kemudian banyak adegan atau kutipan-kutipan legendaris dari film romantis Hollywood yang jadi inspirasi.

Nah, buat kamu yang sudah kehabisan stok kutipan romantis, berikut ini saya suguhkan 10 kutipan kata-kata romantis dari film Hollywood sepanjang masa yang bisa kita pakai untuk bikin pasangan jatuh hati.

Love Actually (2003)


Sutradara: Richard Curtis 
Pemain: Keira Knightley, Hugh Grant, Liam Neeson, Rowan Atkinson, Bill Nighy, Colin Firth
Kata-Kata Romantis: “To me, you are perfect.” – Andrew Lincoln


The Fault in Our Stars (2014)


Sutradara: Josh Boone
Pemain: Shailene Woodley, Ansel Elgort, Nat Wolf
Kata-Kata Romantis: “It would be a privilege to have my heart broken by you.” – Augustus Waters


Notting Hill (1996)


Sutradara: Roger Michell
Pemain: Hugh Grant, Julia Roberts, Rhys Ifans
Kata-Kata Romantis: “I’m just a girl, standing in front of a boy, asking him to love her.” – Anna Scott

Gone with the Wind (1939)


Sutradara: Victor Fleming
Pemain: Vivien Leigh, Clark Gable, Olivia de Havilland
Kata-Kata Romantis: “You should be kissed and often, and by someone who knows how.” – Rhett Butler


Serendipity (2001)


Sutradara: Peter Chelsom
Pemain: Kate Beckinsale, John Cusack, Jeremy Piven
Kata-Kata Romantis: “It’s like in that moment the whole universe existed just to bring us together” – Jonathan Trager

Say Anything... (2013)


Sutradara: Cameron Crowe
Pemain: John Cusack, Ione Skye, John Mahoney
Kata-Kata Romantis: “What I really want to do with my life — what I want to do for a living — is I want to be with your daughter. I’m good at it.” - Lloyd Dobler

The Notebook (2004)


Sutradara: Nick Cassavetes
Pemain: Ryan Gosling, Rachel McAdams, Gena Rowlands, Sam Shepard
Kata-Kata Romantis: “So, it’s not gonna be easy. It’s gonna be really hard. We’re gonna have to work at this every day, but I want to do that because I want you. I want all of you, forever, you and me, every day.” - Noah Calhoun

Pride & Prejudice (2005)


Sutradara: Joe Wright
Pemain: Keira Knightley, Matthew Macfadyen, Donald Sutherland, Brenda Blethyn, Rosamund Pike, Talulah Riley, Carey Mulligan, Judi Dench
Kata-Kata Romantis: “You have bewitched me, body and soul, and I love… I love… I love you.” - Mr. Darcy

50 First Dates (2005) 


Sutradara: Peter Segal
Pemain: Adam Sandler, Drew Barrymore, Rob Schneider, Sean Astin, Blake Clark
Kata-Kata Romantis: “I love you very much, probably more than anybody could love another person.” – Henry Roth

When Harry Met Sally... (1989)


Sutradara: Rob Reiner
Pemain: Meg Ryan, Billy Crystal, Carrie Fisher, Bruno Kirby
Kata-Kata Romantis: “When you realize you want to spend the rest of your life with somebody, you want the rest of your life to start as soon as possible.” - Harry Burns


Nah, itu dia daftar 10 film romantis Hollywood sepanjang masa yang kutipan dialog pemerannya jadi legendaris. Gimana sudah ada inspirasi belum? Kalau ada rekomendasi lain boleh loh disertakan di kolom komentar.

Selamat menjadikan film-film diatas daftar film akhir pekanmu!


Header source: Simon Matzinger via Pexels.com

4 Mei 2019


Tak ada yang lebih melegakan selain duduk manis menonton pertunjukan di tengah kesibukan yang memusingkan kepala. Beberapa hari belakangan ini saya sedang berada di situasi yang serba harus dipikirkan, ditangani, dan dipertanggungjawabkan. Apaan, tuh? Ngurus tahapan sakral dua insan yang berkomitmen dalam naungan asmara, Bos. Hahaha. Namun di tengah padatnya mobilitas tersebut, saya dan Tiwi masih sempat untuk meluangkan waktu.

Cara yang kami tempuh untuk meluangkan waktu adalah dengan duduk santai menikmati pertunjukkan standup comedy.

Pada Jumat, 19 April 2019, kami melenggang menuju Balai Kartini Jakarta untuk menonton lima komika yang sudah tak asing lagi. Ada Adjis Doaibu, Gilang Bhaskara, Sakdiyah Makruf, Ridwan Remin, dan Babe Cabita. Gelinya, ketika kami memasuki lobi Balai Kartini, kami disambut poster Pandji Pragiwaksono yang guedhe-guedhe sekali. Padahal Pandji tidak tampil! Kayak beli jajanan  gede-gede tapi isinya angin.

Eh, tapi bukan berarti Pandji tidak terlibat sama sekali, lho. Ia bertugas memandu acara selama tiga hari penuh. Acara ini dinamai BukaTawa yang hadir di dunia ini berkat kolaborasi Bukalapak dengan Comika ID. Total komika yang menghibur ada 15 yang dibagi dalam tiga hari, mulai dari 19 April sampai 21 April 2019.

Sebelumnya, saya pernah menonton pertunjukan standup comedy di Solo yang dimeriahkan oleh Ernest Prakarsa dan Ge Pamungkas. Juga waktu itu sempat menonton tapping standup comedy goes to campus yang menghadirkan beberapa komika kawakan seperti Mudy Taylor, Mongol, hingga Soleh Solihun. Tapi jujur saja, pertunjukan standup comedy yang diselenggarakan Bukalapak ini jauh lebih keren!

Kenapa demikian?

Dari hal paling sederhana dan detil, deh. Saya bisa rasakan tempat berlangsungnya acara ini begitu nyaman sehingga duduk selama tiga jam tidak membuat badan ini pegel linu. Bukan hanya nyaman duduknya, mulai dari pengaturan suhu, sound yang bersih, hingga panggung yang nyaman di mata juga membuat malam itu terasa makin sempurna. Apalagi ditambah dengan penonton yang juga khusyuk menikmati BukaTawa, bagi saya hal ini berhasil membentuk suasana yang hangat.

Eh, kalau dipikir-pikir ongkos tiket nonton BukaTawa tidak terlalu mahal. Bahkan kalau beli melalui aplikasi Bukalapak bisa jauh lebih hemat. Saya dan Tiwi dengan tenang duduk di kursi VIP untuk menikmati sajian tawa dari komika handal yang tadi sudah saya sebutkan tadi.

Sampai tulisan ini terbit, saya masih bisa ingat beberapa bit yang benar-benar bikin saya ngakak saat itu. Namun tentu saja saya tidak bisa membocorkan materi para komika di sini.

Nah, buat kamu yang tidak sempat hadir untuk nonton secara langsung, kamu masih bisa kok nonton BukaTawa di aplikasi Bukalapak. Lho kok bisa? Sebab, Bukalapak punya fitur nonton yang disebut BukaNonton. Di situ kamu bisa nonton berbagai macam tayangan, mulai dari film hingga pertandingan Liga Inggris.

Untuk menikmati fitur ini kamu hanya perlu menjadi pembeli prioritas. Nanti pertunjukan BukaTawa akan ditayangkan di BukaNonton pada 5 Mei 2019. Pas banget kan sama hari pertama Bulan Ramadhan. Bisa bikin ngabuburit kamu makin menyenangkan.

Cara menggunakan fitur BukaNonton dari Bukalapak ini tidak susah, kok. Silakan simak tahapan ringkasnya seperti ini:

Pertama, kamu harus punya aplikasi Bukalapak dulu, dong. 
Kedua, coba kamu lihat Menu Favorit, terus klik Lihat Semua/Lainnya. 
Ketiga, kamu klik Streaming lalu pilih  BukaNonton. Sudah begitu saja! 


Tapi kalau kamu belum berlangganan, kamu hanya perlu mengajukan diri untuk menjadi pembeli prioritas dan membayar tagihannya. Gampang, kan?

Yuk, nonton BukaTawa di BukaNonton Bukalapak. Abis itu kita bisa cerita bareng soal pertunjukan standup comedy yang ada di sana.


Source header: Pixabay via Pexels.com

Follow Me @hamtiar_