3 Oktober 2019

Pengalaman Beralih Ke Microsoft Office 365 Home Resmi

keunggulan-office-365-home-resmi


Jika pekerjaan kamu berkutat pada urusan menulis, presentasi, pembukuan, dan pengelolaan dokumen lainnya, maka pastikan kamu menggunakan Microsoft Office yang resmi. Jangan bergantung pada software bajakan. Simak cerita saya yang beralih dari Microsoft Office bajakan ke resmi berikut ini.

Dosa Penikmat Software Bajakan

Sejak kuliah, saya adalah pengguna software bajakan garis keras. Bisa dibilang, saya ini serendah-rendahnya proletarian, lah. Soalnya kalau ada software yang ingin saya gunakan, saya pasti melakukan pencarian di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci“free full version crack”.

Meski demikian, saya sering kewalahan sendiri ketika berburu aneka perangkat lunak tersebut. Kendala yang saya alami seperti tautan unduhnya mati, software yang diunduh rusak, hingga paling parah adalah menularnya virus-virus di laptop saya. Hal inilah yang membuat peforma laptop saya menjadi sangat buruk.

Resiko jika kita menggunakan software bajakan adalah:
  • Proses booting menjadi lama
  • Tidak mungkin up-to-date
  • Sering muncul pop-up yang mengganggu
  • Program yang dijalankan sering not responding atau crush
  • Kacaunya system karena virus, dan masih banyak lagi.
Kekecewaan saya ketika menggunakan software bajakan harus segera saya sudahi. Oleh karenanya, saya bermaksud untuk menggunakan software dengan lisensi resmi. Karena pekerjaan utama saya adalah menulis, maka software resmi yang pertama kali saya pakai adalah Microsoft Office. Bagaimana pengalaman menggunakan Ms. Office resmi? Apa bedanya dengan yang bajakan? Lanjut baca, ya.

Pintu Taubat, Memakai Microsoft Office Resmi!

Pada Jumat (27/9), saya diruqyah oleh tim Microsoft ketika menghadiri Microsoft Blogger Gathering di Hiveworks (Jakarta Pusat). Selain kumpul dengan teman-teman blogger, kami juga berdiskusi soal produktivitas kerja terutama yang berkaitan dengan teknologi digital.

Sebagai pekerja teks komersial, saya tentu saja membutuhkan perangkat yang mumpuni untuk menunjang profesi saya. Perangkat menulis apa sih yang paling bisa diandalkan? Dengan yakin saya jawab, “Microsoft Word!” Berperan sebagai blogger dengan mobilitas tinggi membuat saya harus membiasakan diri menulis di mana saja. Untuk urusan ini, smartphone adalah senjata pamungkas saya.

Awalnya, saya menggunakan aplikasi WPS Office untuk keperluan menulis di gawai genggam. Agar tulisan saya bisa terintegrasi dengan desktop, saya juga turut memasang WPS Office ke laptop. Aplikasi ini gratis! Tapi cukup berat untuk dioperasikan.

Kebutuhan menulis saya sekarang ini tidak mungkin bisa dimanjakan oleh software bajakan. Saya butuh fitur yang lengkap, tidak ada pop-up, dan bisa terintegrasi lintas device. WPS Office memang mencukupi kebutuhan itu, namun sebenarnya saya bisa lebih produktif jika mau memakai Microsoft Office yang berbayar.

Baca juga: Cara Cegah Kehilangan Data di Smartphone

Keunggulan Microsoft Office 365 Resmi!

Dari acara yang saya ceritakan di atas, saya jadi tahu kalau Microsoft Professional Pro adalah merk bajakan. Dan Microsoft jenis Professional Pro itulah yang dulu pernah saya pakai di zaman kegelapan. Hehehe. Apakah kamu pernah menggunakan barang bajakan yang satu itu?

Menurut Hadi Gunawan (Consumer Master Trainer, Microsoft Indonesia) sebagai narasumber dalam acara tersebut, menjelaskan bahwa Microsoft Office bajakan sangat mudah disusupi virus atau malware. Kalau sudah terkena itu, kita tidak bakal mendapatkan support system dari Microsoft.

Pengalaman ini akan menjadi berbeda jika kita menggunakan Microsoft Office yang resmi. Sebelum saya rumuskan poin-poin keunggulan Microsoft Office resmi, perlu dicatat bahwa yang saya pakai adalah Microsoft Office 365 Home. Beberapa jenis lainnya ada Ms. Office 365 Personal, Ms. Office 365 Business Premium, Ms. Office Home & Student, Ms. Office Home & Business, dan Ms. Office Professional. Produk selengkapnya silakan dilihat di laman resmi mereka berikut ini.

Keunggulan Ms. Office 365 Home adalah:

1. Fitur lengkap dan Up-To-Date: Angka “365” adalah kode jumlah hari dalam satu tahun. Artinya, kita harus berlangganan setiap tahun untuk mendapatkan semua fiturnya. Office 365 menjamin fitur yang diperbarui secara otomatis tanpa harus membayar lagi.

2. Bisa digunakan lintas device: Produk ini terintegrasi di berbagai perangkat seperti laptop, smartphone, ipad, dan lain sebagainya. Jadi kita tidak perlu capek-capek mengirim file dari satu device ke device lainnya. 

3. Bonus 1 TB Cloud Storage: Kita bisa menyimpan banyak data karena kapasitas storage di OneDrive yang disediakan mencapai 1 terabyte. Sudah tidak perlu takut data hilang karena flashdisk ketinggalan di percetakan!

4. Jaminan support system: Pengguna Office 365 resmi dijamin mendapatkan layanan bantuan, bisa via email, SMS, atau telepon.

5. Bisa dipakai ramai-ramai: Ms. Office 365 Home bisa digunakan maksimal 6 pengguna sekaligus. Saya dan istri berserta 4 orang lain patungan untuk membeli produk ini karena itu membuat kami hanya perlu membayar 170.000 untuk satu tahun. Mantep, kan?

Dengan membeli Ms. Office 365 Home, saya sudah mendapatkan Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Publisher, OneNote, Acces, dan OneDrive. Produk ini akan semakin maksimal jika kita terkoneksi dengan internet. Misalnya, kita bisa menggunakan aneka template untuk membuat dokumen yang kita perlukan seperti surat undangan, surat pengumunan, hingga membuat CV atau resume.

Selain Word, produk lainnya pun juga tidak kalah lengkapnya. Excel memungkinkan kita membuat kalender dengan otomatis dan sangat enak dipakai untuk mencatat agenda. Begitu juga dengan PowerPoint yang bisa membuat materi presentasi kita makin keren dengan memainkan efek 3D pada gambar yang kita masukkan dalam slide. Ah, jangan lupa, kamu harus banget pakai OneNote! Kamu bisa mencatat apapun di situ, bahkan OneNote bisa membantu kita memecahkan soal matematika dengan canggih!

Baca juga: Bisnis Tetap Jalan Meski Pernah Gagal

Bagaimana Cara Beli Microsoft Office Resmi?

Sebelumnya, saya berpikir kalau membeli software asli itu pasti mahal. Kecurigaan saya itu ternyata salah. Dengan Ms. Office 365 Home, saya hanya perlu merogoh 170.000 dalam setahun. Nominal itu jangan dibenturkan dengan alasan, “Halah, buat nulis doang ngapain bayar?” Tapi perlu dilihat fitur lengkapnya yang bisa kita pakai untuk menunjang produktivitas dan aneka manfaat Microsoft Office 365 yang sudah saya sebutkan dengan gamblang di atas.

Saya tidak akan menyalahkan kamu jika masih pakai bajakan. Tapi sangat disayangkan jika kamu masih seperti itu. Soalnya, kamu bisa jauh lebih untung jika bersedia pakai Microsoft Office yang resmi. Jadi bagaimana? Tertarik untuk berlangganan?

Beruntunglah kamu, sekarang beli Microsoft resmi itu gampang banget karena ada sistem yang namanya Microsoft Digital Software. Dengan Microsoft Digital Software asli, kita sebagai pelanggan akan mendapatkan kode aktivasi produk yang langsung dikirim melalui SMS. Jadi, tidak perlu lagi menunggu bentuk fisiknya dikirim yang pasti memakan waktu.

Kemarin itu, saya membeli Microsoft Office resmi di JD.ID. Selain dijamin ori, kebetulaan saat itu sedang ada potongan harga. Cara aktivasinya pun mudah. Dalam sekejab, saya dan teman-teman sudah bisa memakai Microsoft Word dengan aman, nyaman, dan membanggakan. Ayo, kamu juga jajan Microsoft Office resmi, dong.


Photo by Luis Quintero from Pexels

Tidak ada komentar:

Posting Komentar