1 November 2019

Rekomenasi Gawai Jika Kamu Bingung Pilih Yang Mana


Seperti sudah menjadi kebutuhan pokok, smartphone adalah perangkat komunikasi dan informasi yang paling relevan untuk kita pakai pada masa kini. Jika melihat konstruksi sosial kita yang memerlukan komunikasi jarak jauh berbasis digital, maka bisa dikategorikan bahwa smartphone adalah barang “wajib” yang harus dimiliki.

Ada banyak pilihan smartphone yang menarik untuk kita miliki. Namun, kita perlu memperhatikan mana yang benar-benar kita butuhkan. Lebih tepatnya, karakter smartphone seperti apa yang sebenarnya sesuai dengan kebutuhan hidup kita sehari-sehari. Untuk menjawabnya tidak mudah. Beberapa kali saya keliru memilih smartphone karena kurang jeli mengenali spek gadget. Oleh karena itu, pada tulisan saya kali ini akan mereduksi smartphone apa saja yang menurut saya cocok untuk kamu beli beberapa hari lagi. Hahaha. Ayo jajan! Ayo jajan!

Tidak semua smartphoe yang saya rekomendasikan ini telah saya pakai sebelumnya. Beberapa di antaranya saya dapatkan referensinya dari internet. Sisanya, merupakan hasil diskusi santai dengan teman sejawat. Nah, tidak perlu berlama-lama lagi. Rekomendasi pertama saya adalah XIAOMI REDMI A4!

Siapa yang tidak kenal dengan produk Xiaomi satu ini? Sebagai punggawa kaum proletar seperti saya, menggenggam Xiaomi sudah jadi hal yang sangat lumrah. Bagaimana tidak? Produk Xiaomi sudah terkenal dengan harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang tidak kalah dari produk mahal yang lain.

Di antara tipe Xiaomi yang lain, Redmi A4 menurut saya adalah smartphone yang sangat sesuai dengan kebutuhan bergadget yang standar, baik untuk bekerja maupun hiburan. Xiaomi Remi A4 ini sangat ringan untuk ukuran gawai dengan prosesor sekelas Snapdragon 425 64-bit quad-core dan kapasitas baterai hingga 3030 mAh. Layar Redmi A4 sebesar 5 inchi, cocok banget jika kamu suka bermain game atau menonton film di HP.

Ngomongin soal smartphone tentu harus melihat kemampuan kameranya. Xiaomi Redmi A4 menanamkan kamera utama sebesar 13 megapiksel! Dalam sekali jepretan saja sudah seperti foto hasil olahan aplikasi pasti. MIUI juga akan mengkategorikan foto-foto kita sesuai dengan waktu pengambilan gambar. Bahkan sistemnya pun dapat mendeteksi apakah foto hasil jepretanmu merupakan foto panorama atau screenshoot.

Secara garis besar, Xiaomi Redmi A4 adalah pilihan terbaik untuk menemani aktivitasmu sehari-hari. Dengan harga sekitar 1-1,5juta saja, kamu bisa menggenggam gawai pintar di tanganmu. Meski murah, tapi tidak terlihat murahan, kok. Dari segi desain misalnya, Redmi A4 tampak elegan dan minimalis. Terlihat dari body dengan matte finishing yang membuat Redmi A4 tidak bling-bling-bling alias norak. Hahaha.

Ngomong-ngomong soal Xiaomi, apakah kamu tahu cara melacak Xiaomi yang hilang? Masalah kehilangan HP memang sangat menyebalkan. Tapi Xiaomi punya fitur yang membuat kita dapat melacak lokasi keberadaannya. Perlu diperhatikan juga bahwa untuk menikmati fitur ini, kita harus memiliki akun Mi terlebih dahulu. Jika sudah, cara sederhana ini mungkin dapat membantumu menemukan Xiaomi yang hilang entah di mana.

Pertama, aktifkan fitur Find Device pada menu Setting. Lalu masuk ke pilihan Mi Account. Kemudian tinggal pilih Mi Cloud, dan aktifkan Find Device. Tahap ini merupakan langkah persiapan agar Xiaomi kesayanganmu bisa dilacak.

Sedangkan cara melacaknya sendiri cukup mudah. Kamu hanya perlu buka https://i.mi.com melalui device lain (yaiyalah, kan yang biasa dipakai sedang hilang). Lalu login dan pilih menu Find Device. Hanya dengan begitu saja, secara otomatis system pelacakan akan menunjukkan lokasi Xiaomi yang kamu cari. Gampang banget, kan?

Wajar saja jika produk Xiaomi berkenan di hati para penduduk Indonesia. Beberapa pilihan produk Xiaomi terbaik selain Redmi A4 adalah: Redmi Note 7 (harga 2.000.000), Redmi 7 (harga 1.440.000), Redmi 6A (harga 999.000), Redmi 7A (harga 1.130.000), dan Redmi 5A (harga 990.000). Tipe Redmi 5A sejauh ini merupakan jenis Xiaomi yang murah dan populer Di bawahnya sedikit ada Redmi 2 Prime seharga 980.00 dan Redmi 1S seharga 780.000.

Dengan begini, hati jadi tenang kalau tiba-tiba butuh HP baru. Toh ada yang murah dan berkualitas seperti produk-produk Xiaomi yang sudah saya sebutkan di atas. Tapi, selain itu ada juga gawai lain yang sangat saya rekomendasikan sekaligus ingin saya miliki. Belakangan ini kebetulan teman-teman sejawat sedang asyik membicarakan Samsung Galaxy. Perbicangan ini bikin saya mau, mau, mau banget!

Dari sekian banyak tipe Samsung yang didiskusikan, muncul beberapa tipe yang ternyata sangat digemari. Misalnya Samsung Galaxy Note 10 yang dibandrol dengan harga 7.838.500 rupiah. Turun sedikit ada Samsung Galaxy S10 yang senilai 7.700.000 rupiah. Melihat harga-harga itu membuat jiwa proletary saya berkecambuk. Maka muncullah tipe-tipe seperti Samsung Galaxy A20 yang seharga 1.850.000 rupiah dan Samsung Galaxy M10 yang bisa saya tebus dengan ongkos 1.450.000 rupiah.

Baik Xiaomi maupun Samsung, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Dan seperti yang sudah saya singgung pada awal tulisan ini, kita memerlukan gawai yang sesuai dengan kebutuhan. Kedua pilihan produk smartphone ini sama-sama bisa sesuai dengan siapapun diri kita dan bagaimanapun karakter kita. Artinya, baik Xiaomi maupun Samsung sangat relevan dengan diri kita sehingga memiliki keduanya adalah pilihan yang tepat. Apalagi kalau masih cap-cip-cup kebingungan memilih, saya rasa sebaiknya segera kerucutkan pilihan kamu menjadi dua gadget di atas.

Kamu punya pengalaman memakai Xiaomi dan Samsung atau tidak? Berbagi yuk di blog ini dengan berkirim teks memalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca sampai selesai. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.


Photo by JÉSHOOTS from Pexels

Tidak ada komentar:

Posting Komentar